Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 23:38 WIB

Wajar Kepala BIN Bahas Keamanan Wilayah Papua

Oleh : - | Selasa, 19 September 2017 | 21:46 WIB
Wajar Kepala BIN Bahas Keamanan Wilayah Papua
Analis Intelijen Universitas Indonesia (UI), Ridlwan Habib - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Analis Intelijen Universitas Indonesia (UI), Ridlwan Habib menilai, pertemuan Gubernur Papua Lukas Enembe dengan Kepala BIN Budi Gunawan dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian hal yang wajar.

Karena, dinamika wilayah di Papua penting untuk dipantau.

"Saya kira itu sesuatu yang wajar, biasa-biasa saja. Seorang Kepala BIN bertemu gubernur adalah hal yang lazim dan tidak melanggar aturan apapun," kata Ridlwan di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Ia menjelaskan wilayah Papua menjadi prioritas pantauan keamanan karena jadi barometer penting situasi tanah air, maka Papua harus selalu kondusif. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sangat memperhatikan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Misalnya dengan pembangunan jalan trans Papua dan juga pembangunan pasar dan infrastruktur. Selain itu, Papua selalu disorot oleh masyarakat internasional jadi harus aman. Maka, wajar saja Kepala BIN menerima kunjungan Gubernur Papua," jelas dia.

Menurut dia, pertemuan itu tampaknya hanya silaturahim biasa sehingga ada kejanggalan atas broadcast yang beredar di publik seolah-olah hanya menyerang Kepala BIN saja. Padahal, ada yang lain juga hadir dalam pertemuan tersebut.

"Ini ada semacam intensi tidak baik ke Kepala BIN karena memojokkan Kepala BIN, padahal di dalam acara itu ada pihak lain juga yang hadir. Tapi foto-foto itu ada senyum, wajar saja itu. Suasananya santai kelihatan di foto itu," tandasnya. [ind]

Komentar

 
x