Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 12:41 WIB

Ahli Duga Miryam Ditekan Sebelum Diperiksa

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 18 September 2017 | 17:25 WIB
Ahli Duga Miryam Ditekan Sebelum Diperiksa
Miryam S Haryani - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ahli psikologi forensik Reni Kusumowardhani menduga, Miryam S Haryani sudah ditekan sebelum anggota DPR RI tersebut diperiksa oleh penyidik.

Hal itu disampaikan Reni seusai meneliti video pemeriksaan Miryam S Haryani oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Hasilnya ada stres atau perasaan tertekan, jenisnya tertekan sebagai stimulus, karena hal-hal lain yang terjadi bukan saat dia hadapi saat itu," ujar Reni dalam persidangan kasus keterangan palsu dengan terdakwa Miryam S Haryani di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Setidaknya, menurut Reni, ada tiga peristiwa yang signifikan. Salah satunya, menurut Reni, dalam video tersebut Miryam mengeluh kepada penyidik KPK mengenai adanya tekanan dari sejumlah nama anggota DPR. Tekanan itu sebelum ia diperiksa oleh KPK.

"Setelah dicari memang sumbernya di luar proses penyidikan. Ada tumpukan berkas di ruang pemeriksaan atau bau yang mengganggu juga bisa membuat tidak nyaman. Tapi itu tidak selalu, masih ada kenyamanan dan rileks," ungkapnya. [ind]

Komentar

 
x