Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 19:10 WIB

Jelang Kedatangan Jokowi ke Cirebon

Polisi Tangkap Terduga Teroris

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 18 September 2017 | 17:11 WIB
Polisi Tangkap Terduga Teroris
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Cirebon - Polisi berhasil mengamankan seorang terduga teroris di kawasan Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/9/2017) siang.

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto, membenarkan adanya penangkapan terhadap terduga teroris. Penangkapan dilakukan jelang kedatangan Presiden Joko Widodo ke Cirebon petang ini.

"Benar, tadi pukul 14.30 WIB telah dilakukan penangkapan terhadap terduga teroris atas inisial IM. Asalnya dari Kota Majalengka," kata Agung di Bandara Cakrabuana Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/9/2017).

Adapun kunjungan Kepala Negara ke Cirebon dalam rangka menghadiri Penutupan Festival Keraton Nusantara ke-11 di Taman Gua Sunyaragi, Kota Cirebon petang ini.

Dari hasil pemeriksaan dan penggeledahan, lanjutnya, polisi menemukan sejumlah barang seperti airsoft gun, pisau sangkur dan beberapa tulisan yang berisi ajakan jihad.

"Serta beberapa dokumen lainnya dan gas untuk mengisi airsoft gunnya. Dari situ sedang dilakukan pendalaman oleh tim reserse dan Densus 88. Itu dulu sementara," ujarnya.

Ia menampik kabar yang menyebutkan, penangkapan IM dilakukan di lokasi acara Festival Keraton Nusantara yang akan didatangi oleh Jokowi.

"Ditangkapnya kira-kira di belakang airport (Bandara Cakrabuana) ya. Jadi ada yang menginformasikan masyarakat ada orang yang enggak pernah lihat kok pakai ransel. Maka, tim segera datang ke sana. Kami lakukan penangkapan dan memang yang bersangkutan dari hasil pemeriksaan sementara terduga. Kami masih periksa," paparnya.

Sementara itu, ia belum mau menyimpulkan soal motif terduga teroris itu berniat untuk melakukan aksi teror saat kedatangan Jokowi.

Namun, hal yang dipastikannya ialah IM merupakan sosok terduga teroris yang selama ini dibidik oleh aparat kepolisian.

"Ini masih pemeriksaan. Kami tangkap di belakang airport sana. Apa memang itu (terkait kedatangan Jokowi).atau enggak, kami tunggu. Sedang diperiksa sekarang. Yang jelas, dia salah satu yang sudah diawasi," tandasnya. [ind]

Komentar

 
x