Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 07:18 WIB
 

Penipuan Berkedok Umrah di Cirebon Terungkap

Oleh : - | Minggu, 17 September 2017 | 14:47 WIB
Penipuan Berkedok Umrah di Cirebon Terungkap
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Cirebon - Kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang dengan kedok sebagai biaya perjalanan umrah diungkap oleh pihak Polresta Cirebon.

Satu orang pun dijadikan tersangka. Kasus ini bermula dari adanya laporan masyarakat.

"Ada laporan dua orang jamaah umroh yang menjadi korban yang kesal karena terlalu lama dijanjikan berangkat," kata Kapolsek Selatan Timur (Seltim), Komisaris Suwitno di Cirebon, Minggu (17/9/2017).

Suwito menjelaskan, sedinya dua korban ini diberangkatkan ke tanah suci pada bulan Ramadhan 1438 H. Namun, sampai sekarang tidak kunjung datang.

Dengan demikian, mereka pun melaporkan hal tersebut karena sudah merasa ditipu.

Tersangka berinisial ILF (42) merupakan pimpinan biro perjalanan umroh yang berkantor di kawasan Kalitanjung, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Suwitno mengatakan modus operandi yang dilakukan tersangka seperti pada umumnya yaitu para jamaah mendaftarkan diri dengan biaya sebesar Rp29,1 juta untuk satu orang. Setelah para jamaah sampai di Tanah Suci, pihak travel mengalami kekurangan biaya.

Dan untuk menutupi kekurangan itu, menurutnya, biro tersebut menutupinya dengan biaya pendaftaran jamaah yang baru sehingga jamaah yang baru mendaftar tidak kunjung diberangkatkan.

"Sistemnya gali lubang tutup lubang, semakin lama kan makin banyak yang tidak tercover sebab uang dari jamaah yang baru sudah dipakai habis, akhirnya mereka tidak diberangkatkan," tuturnya.

Dia mengatakan biro perjalanan umroh berinisial MTB itu mulai beroperasi sejak 2007 sehingga tidak menutup kemungkinan bertambahnya jumlah korban, namun hingga saat ini pihaknya baru menerima laporan dari dua korban.

Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya, empat buku paspor, empat koper dan sepuluh kwitansi pembayaran biaya umroh. [tar]

Komentar

 
Embed Widget

x