Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 02:50 WIB

Komisi III Akui KPK Perlu Diperbaiki

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 14 September 2017 | 22:12 WIB
Komisi III Akui KPK Perlu Diperbaiki
Anggota Komisi III DPR, Teuku Taufiqulhadi - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR, Teuku Taufiqulhadi mengakui pihaknya ingin memperbaiki atau mengevaluasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut dia, hal yang perlu disoroti adalah sikap KPK yang ketika dikritik selalu mengklaim sudah teruji karena telah diputus pengadilan.

Maksudnya, argumentasi KPK selalu menyebutkan proses peradilan itulah dakwaan penuntut KPK akan diuji sehingga menimbulkan kecurigaan.

"Penyelidikan, penyidikan, penuntutan, bahkan pengadilan dan hakimnya sendiri. Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Karena itu kami melihat argumentasi menunjukan ada persoalan disitu (di tubuh KPK)," kata Taufiqulhadi di Gedung DPR, Kamis (14/9/2017).

Wakil Ketua Pansus Hak Angket KPK ini menjelaskan dalam rapat antara Komisi III dengan Jaksa Agung HM Prasetyo disampaikan banyak negara yang memiliki lembaga pemberantasan korupsi, maka memiliki kewenangan penuntutan yang terpisah.

"Memang dewan dari dulu berpikir bagaimana memperbaiki KPK," ujarnya.

Sementara, Taufiqulhadi tidak membantah jika cara untuk memperbaiki lembaga KPK yaitu melakukan revisi Undang-undang (RUU) KPK. "Kita menyamakan pikiran dengan institusi lain. Kalau suatu ketika menjadi lebih baik kenapa tidak," katanya.

Di samping itu, Taufiqulhadi menilai Jaksa Agung telah sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memperkuat KPK terutama dalam menyelamatkan uang negara.

"Coba lihat, lebih banyak daripada lembaga penegak hukum lain. Itu menunjukan Jaksa Agung sangat membantu kabinet saat ini," tandasnya.[jat]

Tags

 
Embed Widget

x