Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:46 WIB

Komitmen Suap Bupati Batubara Senilai Rp4,4 M

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 14 September 2017 | 19:22 WIB
Komitmen Suap Bupati Batubara Senilai Rp4,4 M
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan Bupati Batubara, Sumatera Utara (Sumut), OK Arya Zulkarnaen diduga menerima fee atas proyek pekerjaan pembangunan infrastruktur di Batubara.

"Kalau dalam OTT, KPK hanya amankan total Rp346 juta, uang yang diduga sebagai fee dari proyek senilai total Rp4,4 miliar atas beberapa pekerjaan pembangunan infrastruktur," kata Alexander dalam konfrensi pers, di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2017).

Dia mengungkapkan uang Rp4,4 miliar diduga berasal dari dua pemberi suap yakn kontraktor proyek yang bernama Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar .

"Uang Rp4,4 miliar dari Maringan atas 2 proyek yakni, pembangunan jembatan Sentan sebesar Rp32 miliar yang dimenangkan PT GMJ serta proyek pembangunan jembatan Seimanggung sebanyak Rp12 miliar yang dimenangkan PT T," jelasnya.

Dia mengatakan, uang sekitar Rp400 diduga diberikan dari Syaiful terkait proyek betonisasi jalan Kecamatan Talawi dengan nilai proyel sebesar Rp3,2 miliar.

Ia menegaskan bahwa dalam OTT KPK hanya mengamankan uang Rp346 juta. Uang tersebut adalah bagian dari fee pemberian Maringan yang total sebenarnya mencapai Rp4 miliar.

Uang Rp346 juta tersebut diamankan secara terpisah. Sebanyak Rp250 juta disita dari tangan PUPR Batubara, Helman Herdady, dan sisanya sebesar Rp96 juta disita dari tangan sopir istri OK Arya.[jat]

Komentar

 
x