Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 10:55 WIB

Marak Hoax, Kominfo Sudah Blokir Ribuan Akun

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Kamis, 14 September 2017 | 14:52 WIB
Marak Hoax, Kominfo Sudah Blokir Ribuan Akun
Dirjen Kominfo Rosita Niken Widiastuti - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Maraknya penyebaran berita hoax menjadi atensi tinggi bagi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

"Kominfo dalam hal ini punya 2 peran salah satunya pemblokiran, tahun lalu kita sudah blokir hampir 800ribu seperti pornografi, narkoba, penipuan, radikalisme," kata Dirjen Kominfo Rosita Niken Widiastuti usai menghadiri diskusi di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Menurut Niken, Menkominfo sudah melakukan literasi (pemahaman) media kepada kaum milenial di seluruh Indonesia agar dalam menggunakan media sosial haruslah bijak. Cara ini disebutnya sedikit bisa memberikan kesadaran bagaimana pentingnya dan tanggung jawab mereka dalam menggunakan medsos.

"Karena kalau memblokir satu, nantk bisa saja akan muncul akun lain kan begitu. Kita memberikan kesadaran kepada generasi muda yang positif. Ujaran kebencian kan blacklist ya" katanya.

Kaum milenial atau anak-anak sekarang ini memang sudah kecanduan dengan dunia media sosial. Maka dari itu harus dipagari karena jika melanggar dalam menggunakan media sosial maka akan dikenakan hukuman sesuai undang-undang.

"Mari manfaatkan media sosial dengan bijak. Saring dulu sebelum di share" ujarnya.

Terkait wacana adanya kebijakan bagi seseorang akan mengakses di media sosial hanya dengan satu akun saja. Niken masih enggan memastikannya karena hal tersebut masih belum didiskusikan. [rok]

Tags

Komentar

 
x