Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 23:35 WIB

Mendikbud Harap Perpusnas Jadi Pusat Literasi

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 14 September 2017 | 12:11 WIB
Mendikbud Harap Perpusnas Jadi Pusat Literasi
Mendikbud Muhadjir Effendi - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017) .

Acara ini diawali dengan sambutan dari Mendikbud Muhadjir Effendi. Melalui sambutannya, Muhadjir mengungkapkan pembangunan gedung perpustakaan ini merupakan amanat dari Presiden Soekarno.

"Arsitektur ini mengambil konsep bangunan sebagai jendela dunia dan perpustakaan ini juga menjadi simbol untuk menjelajah dunia. Perpusnas dapat menjadi tempat dan menjadi simbol khazanah pengetahuan nasional dari bangsa Indonesia. Perpusnas ini juga akan mampu menampung 25 juta eksamplar (buku) dalam 20 tahun mendatang," jelas Muhadjir.

Ia pun mengatakan Perpusnas akan menjadi pusat literasi di Indonesia dan diharapkan mampu menjadi sentral seluruh jaringan perpustakaan di Tanah Air.

"Perpustakaaan nasional ini akan menjadi jaringan pusat perpustakaan di Indonesia. Dengan demikian adanya perpustakan modren akan bisa menghimpun jaringan luas untuk seluruh Indonesia," katanya.

Pada kesempatan ini, ia pun menyampaikan aspirasi pegiat pustaka yang dititipkan kepadanya untuk Jokowi. "Aspirasi pegiat pustaka itu agar dana desa bisa digunakan untuk kepustakaan desa," ucapnya. [ton]

Tags

 
x