Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 09:51 WIB

Masa Jabatan Bakal Habis, Sri Sultan Temui Jokowi

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 13 September 2017 | 15:45 WIB
Masa Jabatan Bakal Habis, Sri Sultan Temui Jokowi
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (13/9) siang.

Sri Sultan mengungkapkan, kedatangannya menemui Jokowi di Istana untuk menyampaikan laporan kepemimpinannya menjelang akhir masa jabatan 2012-2017 yang akan habis bulan depan.

"Saya kan habis masa jabatan tanggal 10 (Oktober) jadi itu saja," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Adapun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Rapat Paripurna Istimewa kembali menetapkan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai Gubernur DIY periode masa jabatan 2017-2022.

Mengenai hal tersebut, ia menyatakan surat verifikasi dari DPRD telah selesai prosesnya. Sementara itu, ia juga mempertanyakan keinginan warga DIY yang meminta agar pelantikannya sebagai kepala daerah ditunda.

Adapun warga DIY menginginkan Sri Sultan ditunda dilantik karena nama gelarnya diperbaharui sebagai raja di Yogyakarta. "Apa hubungannya? Nama saya kan Hamengku Buwono X ya kan?," ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia turut menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memproyes dikabulkannya gugatan soal syarat pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang tercantum dalam Pasal 18 ayat (1) huruf m UU 13/2012 tentang Keistimewaan DIY.

"Tidak ada hubungannya, itu kan kepentingan internal kemarin, eksternal tidak usah ikut campur," kata pria kelahiran Yogyakarta, 2 April 1946 ini.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x