Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 02:26 WIB

Jokowi Harap Bantuan Rohingya Sampai di Perbatasan

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 13 September 2017 | 09:59 WIB
Jokowi Harap Bantuan Rohingya Sampai di Perbatasan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas tim bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh, Rabu (13/9/2017) pagi.

Jokowi tiba di lokasi pelepasan tim di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dengan didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Menko PMK Puan Maharani.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Jokowi melakukan penyerahan simbolis bantuan kepada Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Junjungan Tambunan.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan rasa syukurnya karena hari ini pemerintah Indonesia dapat menyalurkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk pengungsi Rakhine State yang ada di perbatasan Bangladesh-Myanmar.

"Ini pemberangkatan pertama, berikutnya minggu depan ada pemberangkatan kedua, ketiga dan seterusnya. Bantuan ini dilakukan setelah mengutus Menlu untuk berbicara dengan pemerintah Bangladesh, pemerintah Myanmar dan membahas bantuan kemanusiaan yg diperlukan," ujar Jokowi.

Adapun pagi ini, lanjutnya, akan diberangkatkan empat pesawat Hercules yang didalamnya membawa bantuan seberat 34 ton yang terdiri dari beras, makanan siap saji, kebutuhan keluarga dan anak, tenda pengungsi, pakaian anak dan selimut.

"Barang-barang ini diperlukan dan kenapa naik pesawat? Karena pengalaman lalu naik kontainer sangat lama," ucap Kepala Negara.

Pada kesempatan ini, Jokowi pun menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada pemerintah Bangladesh dan Myanmar yang telah memberikan kemudahan akses penyerahan bantuan.

"Diharapkan nantinya ini (bantuan) sampai lokasi yang diinginkan kurang lebih jaraknya 170 km diangkut truk menuju lokasi pengungsi yang ada di perbatasan Bangladesh dan Myanmar," tuturnya.

Tak lupa, Presiden RI menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu memberikan bantuan kemanusiaan ini.

"Baik pemerintah, masyarakat, ormas pengusaha dan pemda bersama-sama mengirim bantuan juga kepada saudara kita, pengungsi Rakhine State di Myanmar-Bangaldesh. Dengan mengucapkan bismillah, bantuan kemanusian dari Indonesia ke perbatasan Bangladesh-Myanmar saya nyatakan diberangkatkan," tandasnya. [rok]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x