Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 18:10 WIB

KPK Tetap Jadwalkan Pemeriksaan Novanto

Oleh : Ivan Setyadhi | Selasa, 12 September 2017 | 22:23 WIB
KPK Tetap Jadwalkan Pemeriksaan Novanto
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua DPR Setya Novanto atas kasus dugaan korupsi e-KTP.

"Setelah awal minggu depan akan dijadwalkan kembali pemeriksaan SN sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2017).

Namun Febri belum mengetahui secara pasti waktu untuk melakukan pemeriksaan terhadap tersangka kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP itu.

"Waktunya saya pastikan dulu pada tim yang menangani. Nanti akan kita informasikan lebih lanjut," tuturnya.

Febri menyatakan, pihaknya berharap Novanto bisa memenuhi surat panggilan kedua yang dilayangkan. Menurut dia, lewat pemeriksaan Ketua Umum Partai Golkar itu bisa memberikan klarifikasi atas kasus korupsi yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun.

"Saya kira akan lebih baik pemeriksaan dipenuhi karena ada ruang yang cukup besar untuk menjelaskan, memberikan klarifikasi," tuturnya.

Sebelumnya, penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Setnov kemarin, Senin (11/9/2017). Namun, Ketua Umum Partai Golkar itu tak datang dengan alasan sakit.

Novanto juga telah mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka yang dilakukan KPK dalam kasus korupsi e-KTP ini. Namun sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, ditunda dan dilanjutkan pekan depan, Rabu (20/9/2017).

Sore tadi, Setjen Pimpinan DPR juga melayangkan surat ke KPK. Intinya, pimpinan DPR meminta pemeriksaan Novanto ditunda hingga proses praperadilan selesai. [ton]

 
x