Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 03:35 WIB

RI Kirim Bantuan untuk Korban Rohingya Bertahap

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 12 September 2017 | 13:36 WIB
RI Kirim Bantuan untuk Korban Rohingya Bertahap
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi - (Foto: Inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan komunikasi dengan Presiden Direktur Komite Internasional Palang Merah (ICRC), Peter Maurer untuk memastikan bantuan kemanusiaan untuk korban Rohingya.

"Baru saja saya melakukan kontak kembali dengan Presiden ICRC. Dalam pembicaraan dengan Menlu Myanmar, kami membahas mengenai bantuan kemanusiaan," ujar Retno di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2017).

Ia menambahkan, saat ini pemerintah Indonesia sudah memiliki izin terbang dan mendarat ke Myanmar untuk memberikan bantuan untuk korban Rohingya.

Pemerintah Indonesia, lanjutnya, sudah menginformasikan kesiapan bantuan untuk korban Rohingya kepada Menteri Luar Negeri Bangladesh, Mahood Ali.

"Saat saya sampaikan mengenai assesment bantuan yang diberikan saat ini, mereka akan kembali kepada kita mengenai hal yang paling diperlukan saat ini apa saja. Kami sudah menerima informasi dari beberapa pihak, bayangan sih sudah ada. Akan tetapi, kita akan menunggu list yang akan disampaikan oleh pemerintah Myanmar," paparnya.

Menlu pun bersyukur karena banyaknya pihak yang ingin memberikan bantuan untuk korban Rohingya, selain yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

"Dengan Menlu Bangladesh, tadi saya sampaikan bahwa bantuan kita sudah siap dalam waktu dekat ini. Alhamdulillah banyak sekali pihak yang ingin memberikan bantuan, selain tentunya dari pemerintah. Oleh karena itu, pengiriman bantuan ke Bangladesh karena kalau dilihat dari jumlah affected person, maka paling banyak saat ini berada di sana," tuturnya.

Lebih lanjut, Retno menuturkan lantaran banyaknya minat berbagai pihak yang ingin menyumbang, maka kemungkinan besar bantuannya akan diterbangkan ke Bangladesh secara bertahap.

"Tidak cukup hanya satu gelombang. Ada gelombang kedua dan sebagainya. Semuanya akan bergantung dari jumlah, bantuan atau apa saja yang akan diberikan kepada pengungsi melalui Bangladesh,"

"Tim advance kita sudah sampai di Bangladesh untuk persiapan pendaratan pesawat karena pesawat akan mendarat di Chitagong. Jadi, tidak mendarat di Cox's Bazar. Sementara, jarak antara Chitagong dan Cox's Bazar itu sekitar 170 km. Kalau dilihat dari jarak tidak begitu panjang, tetapi kalau dari waktu tempuh kemungkinan akan memerlukan waktu tempuh yang lebih lama," paparnya.

Adapun jenis bantuan yang dibutuhkan para pengungsi Rohingya saat ini antara lain beras, selimut, pakaian, sampo dan alat-alat kebersihan lainnya.

"Insya Allah teman-teman akan mendapatkan informasi dalam waktu dekat ini. Bantuan kloter pertama dari indonesia dapat segera terbang ke Bangladesh. Kami mempersiapkan bantuan ini secara cermat, dalam artian kami membuka komunikasi terus dengan pemerintah Bangladesh dan organisasi-organisasi yang ada di lapangan," tandasnya. [ton]

Tags

 
x