Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 10:53 WIB

Warga Syiah Sampang Dijamin Masuk DPT Pilkada

Oleh : - | Selasa, 12 September 2017 | 00:02 WIB
Warga Syiah Sampang Dijamin Masuk DPT Pilkada
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Sampang - Bupati Sampang, Fadhilah Budiono menyatakan tetap memberikan pelayanan kepada warga, terutama haknya untuk memberikan suaranya dalam ajang pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Bupati yang sebentar lagi akan berlangsung.

Tak terkecuali kepada pengungsi Syiah yang hingga lima tahun ini berada di Rusunawa Jemundo, Sidoarjo, Jawa Timur.

"Mereka (Syiah) sama halnya dipenjara atau orang sakit, karena ini tugas KPU, sampaikan saja ke KPU. Kami hanya memfasilitasi saja. Dan kami siap kirimkan TPS ke sana," terangnya, Senin (11/9/2017).

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sampang, Syamsul Muarif mengaku akan memberikan hak yang sama kepada warga Syiah untuk bisa memilih.

Sebab, saat ini warga Syiah tersebut terkena dampak sosial. Menurutnya, status mereka tidak ada perbedaan karena warga Syiah juga menjadi bagian DPT pada Pilpres 2014 lalu.

"Para pemilih itu (Syiah) terpaksa harus berada di luar domisili Sampang karena ada faktor eksternal yakni bencana sosial. Dan kami akan memberikan hak yang sama selama memenuhi persyaratan sebagai pemilih. Tidak ada perbedaan berdasarkan latar belakang sosial maupun politik," ujarnya.

Hanya saja, pihakya masih belum melakukan tindak lanjut mengenai kajian lebih jauh mengenai potensi bahaya yang akan ditimbulkan apabila warga Syiah diharuskan ke Sampang.

"Kami akan menyiapkan TPS untuk mempermudah memberikan hak pilihnya termasuk diantaranya warga Syiah. Tapi yang jelas kami masih belum masuk kepada adanya tekanan atau ancamannya," tandasnya.[beritajatim]

Komentar

 
x