Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 13:31 WIB

Jawab 20 Pertanyaan Penyidik

Sekjen Kemendes Bantah Tahu Soal Praktik Suap

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 11 September 2017 | 19:27 WIB
Sekjen Kemendes Bantah Tahu Soal Praktik Suap
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi menolak menjelaskan alur suap terhadap dua Auditor BPK.

Usai diperiksa penyidik, Anwar menampik bahwa dirinyalah yang mengatur distribusi uang suap untuk mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Ndak, ndak, sudah disampaikan itu," katanya saat hendak meninggalkan KPK, Senin (11/9/2017).

Anwar mengatakan, semua keterangannya sudah disampaikan ke penyidik saat diperiksa tadi.

"Tadi dimintai keterangan terkait Pak Ali, ya saya jawab semua. Ada 20 pertanyaan," ungkapnya.

Soal keterangan dalam persidangan yang sedikit demi sedikit mulai terkuak praktis suap untuk Auditor BPK, Anwar menyerahkan pada proses sidang.

"Dipersidangan sudah dijelaskan ya," tandasnya seraya meninggalkan Gedung KPK.

Anwar hari ini dijadwalkan menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Ali Sadli dalam Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Menurut jaksa KPK, pada awal Mei 2017, di ruang kerja Sekjen, Sugito mengumpulkan para sekretaris unit kerja di Kemendes. Pertemuan itu atas sepengetahuan Anwar Sanusi.

Menurut jaksa, dalam pengumpulan uang Rp240 juta, Sekretariat Jenderal Kemendes menyerahkan uang Rp40 juta. Uang tersebut kemudian digabung dengan uang patungan dari unit kerja yang lain.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x