Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 07:12 WIB

Raker dengan Jaksa Agung, Agun Curhat Soal KPK

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 11 September 2017 | 14:10 WIB
Raker dengan Jaksa Agung, Agun Curhat Soal KPK
Ketua Pansus Hak Angket KPK, Agun Gunandjar - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Pansus Hak Angket KPK, Agun Gunandjar curhat soal kinerja KPK saat rapat kerja antara Komisi III dengan Jaksa Agung HM Prasetyo di Gedung DPR, Senin (11/9/2017).

Menurut dia, banyak pihak yang menilai dibentuknya pansus hanya untuk melemahkan KPK.

"Bagaimana pandangan yang selalu dikerjakan kami di media mainstream itu selalu saja Agun ingin melemahkan KPK, padahal yang saya inginkan justru saya tidak ingin melemahkan KPK tapi saya ingin menguatkan KPK," kata Agun saat rapat kerja dengan Jaksa Agung.

Anggota Komisi III DPR ini meminta pandangan Jaksa Agung agar kedepannya KPK betul-betul bekerja dalam memberantas korupsi sesuai koridor hukum.

"Dalam pandangan bapak sebaiknya kedepan seperti apa dari sisi fungsi? Ada semacam mekanisme pemisahan yang tegas, mana melaksanakan apa, mana mempertanggungjawabkan apa. Tidak jadi satu body," ujar anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Selain itu, Agun juga menceritakan soal adanya safe house yang dimiliki oleh KPK untuk narapidana. Kemudian, adanya langkah KPK melakukan eksekusi atas putusan pengadilan serta kejanggalan lain yang ditemukan pansus.

Sementara Jaksa Agung, HM Prasetyo menilai apa yang disampaikan oleh Agun Gunandjar itu lebih banyak masukan saran sehingga tidak perlu jawaban.

Dia sependapat bahwa tidak ada satu pun pihak saat ini yang ingin melemahkan, mengkerdilkan atau membubarkan KPK.

"Sebenarnya dengan kejaksaan, kami tidak alergi adanya upaya perbaikan. Kalau semua di KPK dari hasil temuan Pansus Angket, itu hal yang perlu diperbaiki. Kami sangat mendukung itu, bahkan kejaksaan agung terbuka kalau ada kekurangan itu diperbaiki," kata Prasetyo.[jat]

Tags

 
Embed Widget

x