Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 07:14 WIB

Jokowi Minta UNPAD Antisipasi Perubahan Global

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 11 September 2017 | 13:27 WIB
Jokowi Minta UNPAD Antisipasi Perubahan Global
Presiden Joko Widodo - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan orasinya saat Sidang Terbuka sekaligus Dies Natalis ke-60 Universitas Padjajaran (UNPAD) di Grha Sanusi Hardjadinata, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/9/2017).

Di awal orasinya, Jokowi memperkenalkan kepada hadirin bahwa pada kesempatan ini, ia membawa tiga orang menteri dari Kabinet Kerja yang merupakan lulusan UNPAD.

"Tiga menteri yang hadir bersama saya adalah lulusan Unpad. Menkominfo Rudiantara, Seskab Pramono Anung dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ini lulusan UNPAD semua," ujar Jokowi.

Pada kesempatan ini, Kepala Negara kembali mengingatkan bahwa perubahan dunia saat ini sangat cepat. Untuk itu, menurutnya universitas khususnya perguruan tinggi negeri (PTN) mempersiapkan diri menghadapi hal ini.

"Siapa yang bisa mengantisipasi menyiapkan perubahan itu? Pertama, yang paling siap adalah universitas. Saya masuk PTN dan saya sampaikan perubahan begitu cepatnya. Kita baru belajar internet, muncul mobile internet, mobile internet baru belajar, muncul artivicial inteligent. Perubahan ini harus diantisipasi," paparnya.

Adapun di masa mendatang, masyarakat Indonesia tak lagi melakukan pembayaran apapun, termasuk makanan secara tunai. Dunia daring menurutnya telah merubah peradaban manusia.

"Mungkin kita 90 persen masih bayar cash atau kartu kredit, tapi saya belom pernah pakai kartu kredit. Nanti dengan gawai di klik, klik duit kita hilang. Inilah teknologi yang sangat cepat. Bapak dan ibu pasti sudah mengalami. Saya mau pesan sate tinggal Go Food, sudah datang. Gado-gado juga pesan di Go Food sudah datang. Ini perubahan yang harus kita antisipasi, merubah lanskap global," tuturnya.

Untuk itu, Presiden RI mengharapkan agar UNPAD ikut serta berperan aktif mengantisipasi perubahan zaman yang juga menyelimuti Indonesia.

"Lanskap politik global pasti juga akan berubah, ekonomi juga akan berubah, baik secara global, nasional atau daerah. Inilah perguruan tinggi UNPAD juga harus ikut mengantisipasi perubahan-perubahan cepat itu," pungkasnya. [rok]

Tags

 
x