Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 04:46 WIB

Jaksa Agung Ogah Gabung ke Densus Tipikor Polri

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 11 September 2017 | 11:45 WIB
Jaksa Agung Ogah Gabung ke Densus Tipikor Polri
Jaksa Agung HM Prasetyo - (Foto: Inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo menolak tawaran untuk bergabung dalam Satgas Tipikor yang baru dibentuk oleh Polri, meskipun gagasan itu sangat positif untuk meningkatkan kinerja Polri dalam memberantas korupsi.

"Saya ingin sampaikan bahwa kejaksaan dan jaksa tidak selayaknya ditarik untuk gabung dalam lembaga baru Polri tersebut, karena dengan demikian akan mengurangi independen masing-masing penegak hukum," kata Prasetyo saat rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Ia menjelaskan kejaksaan sejak tahun 2005 telah membentuk Satgasus P3TPK (Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Korupsi), bahkan sudah ada capaian-capaian kinerjanya selama ini meskipun sampai saat ini Satgasus P3TPK tidak ditambah dan dibekali dengan dana operasional.

"Kami khawatir dengan adanya tumpang tindih dan terdegradasi satu sama lain institusi penegak hukum yang ada, ketika Polri undang jaksa agung muda untuk melakukan rapat bersama membahas masalah wacana Dennsus Tipikor ini. Kami katakan untuk selanjutnya meskipun Polri membentuk densus," ujarnya.

Namun, Wakil Ketua Komisi III DPR Desmon J Mahesa menanyakan soal kabar tiga lembaga penegak hukum ini mau digabung berdasarkan inisiatif siapa karena baru mendengar kabar tersebut.

Menurut Prasetyo, Polri sempat pernah sampaikan secar formal untuk membentuk Densus Tipikor dengan kantor yang sama dan disitu ada unsur Polri serta kejaksaan.

"Ini yang tentunya perlu kami pertimbangan dengan alasan-alasan tadi," kata Prasetyo. [rok]

Tags

 
x