Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 10:50 WIB

Peduli Rohingya, Pesantren Bata-Bata Galang Dana

Oleh : - | Senin, 11 September 2017 | 09:24 WIB
Peduli Rohingya, Pesantren Bata-Bata Galang Dana
Santri Pesantren Bata-Bata - (Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Pamekasan - Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata menggelar aksi solidaritas penggalangan dana untuk masyarakat muslim Rohingya, di kompleks pesantren yang terletak di Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Minggu (10/9/2017).

Dalam aksi tersebut, para santri menyisihkan uang mereka untuk didonasikan bagi saudara muslim di Myanmar melalui ketua kelas. Selanjutnya disetorkan kepada pihak pengelola madrasah dari empat tingkatan berbeda, mulai dari tingkat MI, MTs, MA hingga SMK Mambaul Ulum Bata-Bata.

Bahkan dalam aksi yang digelar selama sehari, khususnya saat jam sekolah. Terkumpul dana sebesar Rp 11.090.000 yang notabene sebagai sumbangan dari para santri putra dan putri hingga para asatidz di pesantren yang juga dikenal dengan sebutan MUBA.

"Kegiatan ini sengaja kita sebagai bentuk kepedulian kepada saudara kami yang ada di Myanmar, kami merasa ikut tersakiti atas penderitaan yang menimpa saudara kami masyarakat muslim Rohingya," kata Ketua Pengurus Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Ahmad Khusairi, Senin (11/9/2017).

Selain itu, pihaknya mengapresiasi rasa kepekaan dan solidaritas para santri maupun para asatidz. "Al-Hamdulillah para santri maupun dewan asatidz sangat antusias dalam penggalangan dana ini, mereka sangat peduli kepada masyarakat muslim Rohingya," ungkapnya.

"Padahal mereka (santri) hanya mengetahui peristiwa muslim Rohingya melalui koran yang ditampilkan di mading (majalah dinding) pesantren," sambung alumnus STAI Al-Khairat Pamekasan itu.

Lebih lanjut dijelaskan, aksi tersebut merupakan kerjasama pesantren dengan forum ulama di wilayah Pantura Pamekasan yang akrab disebut Silaturrahmi Ulama Pantura (Shilu). "Nanti hasil penggalangan dana ini akan disatukan dengan hasil penggalangan yang dilakukan Shilu," jelasnya.

"Saat ini jika hasil penggalangan dana yang dilakukan di (pesantren) Bata-Bata dengan punya Shilu mencapai sekitar Rp 35 juta. Insha Allah kegiatan ini berlanjut di hari-hari berikutnya," pungkasnya. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
x