Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 10:55 WIB

KPK Jangan Dibubarkan, Tapi Diperbaiki

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 11 September 2017 | 03:00 WIB
KPK Jangan Dibubarkan, Tapi Diperbaiki
Pakar hukum tata negara Margarito Kamis - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pansus Angket KPK satu persatu terus menemukan sejumlah kejanggalan di internal KPK dalam menangani suatu perkara. Bahkan KPK kerap lebih mengutamakan standar operasional (SOP) sendiri ketimbang menggunakan aturan undang-undang.

Salah satunya tentang pemeriksaan saksi. Menurut undang-undang, seorang saksi tidak boleh diperiksa jika tidak didampingi pengacara, namun hal itu dapat dilakukan oleh KPK.

"Nah ini yang harus kita tata, saya jujur saja berada dalam posisi KPK tidak boleh dibubarkan, tapi KPK harus ditata secara komprehensif," kata pakar hukum tata negara Margarito Kamis kepada INILAHCOM, Minggu (10/9/2017).

Kemudian lanjut Margarito tentang penyadapan. Didalam undang-undang penyadapan hanya boleh dilakukan jika ada perintah oleh pengadilan. Namun KPK dapat menyadap seseorang tanpa perintah pengadilan. Kewenangan-kewenangan seperti itulah menurut Margarito yang harus diperketat.

"Kalau dibubarkan KPK ini, barang ini, bangkrut ini bangsa ini. Kita tidak boleh, kewenangan penyidikan harus tetap kita berikan," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak Pansus Angket KPK dibentuk, tudingan bahwa DPR ingin membubarkan KPK tidak bisa dihindari, meskipun DPR mengaku ingin memperbaiki internal KPK yang dinilai superbody, Pansus Angket tetap saja dituding ingin melemahkan kewenangan lembaga anti rasuah tersebut. [fad]

Komentar

 
x