Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 18:06 WIB

Kemensos Apresiasi Kompetisi untuk Siswa Pelosok

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 10 September 2017 | 21:22 WIB
Kemensos Apresiasi Kompetisi untuk Siswa Pelosok
Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan kelembagaan masyarakat Kemensos, Bambang Mulyadi - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementrian Sosial (Kemensos) melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat mengapresiasi kegiatan anak yang dilakukan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA).

Pasalnya kegiatan telah memberikan peluang untuk anak-anak dari seluruh pelosok Indonesia untuk berkompetisi dalam ajang kompetisi siswa dan sekolah JAPFA4Kids Awards.

"JAPFA4Kids Awards merupakan salah satu peluang bagi anak-anak untuk belajar berkompetisi. Berkompetisi bukan soal menang atau kalah, tetapi belajar untuk menjadi sportif dan bekerja keras," ujar Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan kelembagaan masyarakat Kemensos, Bambang Mulyadi, dalam penyerahan hadiah pemenang kompetisi JAPFA4Kids Awards 2017.

Sementara itu, VP Head of Corcomm & Social Investment JAPFA, R. Artsanti Alif mengatakan, kompetisi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Tercatat sekitar ada 14.000 anak mengikuti kompetisi JAPFA4Kids Awards 2017 dalam berbagai kategori kompetisi yaitu Dokter Kecil, Koki Kecil, Majalah DInding, Menggambar dan Mengarang.

Dia mengataan siswa yang memenangi kompetisi di tingkat wilayah mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di tingkat nasional. Selain kompetisi untuk siswa juga dilaksanakan Kompetisi untuk sekolah dalam bentuk kompetisi manajemen tata kelola sekolah.

"Kompetisi tingkat wilayah terbagi ke dalam tiga wilayah, Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Siswa dan sekolah yang menjadi juara pertama di setiap kategori kompetisi mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di Jakarta,"ujar R. Artsanti Alif.

Artsanti menambahkan upaya yang dilakukan JAPFA tersebut merupakan strategi untuk menginspirasi anak-anak Indonesia. Menurut dia sebagian besar anak-anak tersebut berasal dari berbagai pelosok Indonesia yang memiliki seringkali tidak memiliki akses dan kesempatan untuk berkunjung dan melihat daerah di luar tempat tinggal mereka.

"Melalui kompetisi ini kami ingin mengajak anak-anak Indonesia untuk berani menggantungkan mimpi setinggi-tingginya dan berjuang untuk mencapainya. Bagi sebagian anak-anak peserta JAPFA4Kids pergi ke jakarta hampir merupakan hal yang tidak mungkin terjadi. Beberapa dari mereka bahkan tinggal 12 jam dari ibukota propinsi," imbuhya.

Melalui kompetisi JAPFA4Kids awards anak-anak mendapatkan kesempatan untuk dapat berkunjung ke Ibukota. Meskipun hal tersebut merupakan hal yang sederhana bagi sebagian anak, tetapi bagi beberapa peserta JAPFA4Kids pergi ke jakarta adalah terwujudnya sebuah ketidakmungkinan.

"JAPFA4Kids awards telah dilaksanakan sejak tahun 2010 dan melalui kegiatan ini JAPFA ingin terus menginsipirasi anak Indonesia,"papar Artsanti. "Selain berkompetisi di tingkat nasional, peserta JAPFA4Kids Awards 2017 juga mengikuti study tour ke pabrik pakan JAPFA, Kidzania, monas, dan beberapa daerah tujuan wisata lainnya di Ibukota," lanjutnya.[jat]

Tags

 
Embed Widget

x