Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 16:00 WIB

Kirab Kebangsaan TMP Sesuai Tekad Warga Bekasi

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 10 September 2017 | 20:52 WIB
Kirab Kebangsaan TMP Sesuai Tekad Warga Bekasi
Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih Maruarar Sirait didampingi WaliKota Bekasi Rahmat Effendi, Ketua DPP PDIP Sukur Nababan dan mantan Walikota Bekasi Mochtar Mohammad hadir dalam Kirab Kebangsaan dan Jalan Sehat dengan tema Mem-Pancasila-Kan Indonesia di A - (Foto: inilahcom/Wirasatria)
facebook twitter

INILAHCOM, Bekasi - Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan masyarakat Bekasi yang beragam dan heterogen harus berwawasan kebangsaan dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkadung dalam Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia menilai Kirab Kebangsaan yang digelar oleh Taruna Merah Putih (TMP) merupakan salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kirab seperti ini baru dilakukan di Kota Bekasi. Acara ini sangat bagus sekali untuk membangun wawasan kebangsaan di Kota Bekasi," katanya saat ditemui di sela-sela Kirab Kebangsan dan Jalan Sehat di Taman Alun-Alun Kota Bekasi, Minggu (10/9/2017).

Acara ini digelar dalam rangka menggaungkan nilai-nilai Pancasila dan keberagaman Indoensia, serta sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Taruna Merah Putih.

Acara ini pun didukung hampir semua ormas pemuda, mahasiswa dan kemasyarakatan, kelompok kreatif anak muda, tokoh lintas agama, komunitas seni, dan budaya serta masyarakat umum yang ada di Kota Bekasi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H. Nababan, Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait, Sekjen DPP TMP Restu Hapsari, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi Anim Imamudin dan Ketua DPC Taruna Merah Putih Kota Bekasi Enie Widhiastuti.

78 komunitas hadir meriahkan kegiatan tersebut, diantarnya, Merching Band dari Naviri Indonesia, Penari Jaipong Kota Bekasi, Komunitas Jantung Sehat, Pencak Silat, Musik Tradisional Bali, Barongsai dari vihara Sasana Laka dan lain-lain.

Acara ini juga dimeriah dengan Flashmob Indonesia is Awesome yang mengusung pesan kepada anak muda untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Flashmob ini ditarikan oleh ribuan penari dari kalangan anak muda kota Bekasi.

Rahmat Effendi mengungkapkan digelarnya kegiatan Kirab Kebangsaan ini memiliki korelasi yang sangat kuat dengan masyarakat Bekasi.

Pasalnya masyarakat Bekasi yang sangat beragam harus selalu diberi wawasan kebangsaan, yaitu masyarakat yang menjunjung tinggi semangat persatuan dalam keberagaman.

Menurut dia upaya untuk menciptakan rasa persataun dan kesatuan sudah dilakukan Pemerintah Kota Bekasi dengan melakukan deklarasi antar umat beragama dengan membentuk majelis keanggaan hingga tingkat kelurahan.

Baginya, untuk mewujudkan kota Bekasi yang maju dan sejahtera seorang pemimpin harus mampu berdiri di atas seluruh kaki umat. Dalam artian seorang pemimpin tidak boleh membeda-bedakan antara suku/agama yang satu dengan yang lainnya. Seluruh masyarakat harus memiliki kedudukan dan hak yang sama.

"Seorang pemimpin harus adil dan mengayomi seluruh masyarakatnya," katanya.

Lebih lanjut, dia mengaku kehadirianya dalam kegiatan ini merupakan bukti nyata untuk mengayomi seluruh warga kota bekasi tanpa melihat suku, agama, ras maupun adat istiadat.

"Saya hadir di sini menunjukkan tidak ada sekat antara pemimpin dan rakyatnya," imbuhnya.

Rahmat juga mengajak seluruh anak muda Bekasi untuk menjadi garda terdepan menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya di Kota Bekasi dan umumnya di Indonesia. Baginya jika anak muda telah bangkit maka gerakan-gerakan radikalisasi dan terorisme yang akan membecah belah bangsa akan terkalahkan.

"Melihat manfaat acara ini saya berfikir, untuk kedepan kita akan buat acara seperti ini dengan masa yang lebih besar, sekitar ratusan ribu massa," katanya.

Pada kegiatan Kirab Kebangsaan dan Jalan Sehat Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mendapatkan penghargaan sebagai Pemimpin Pancasila. Penghargaan tersebut merupakan hasil kajian yang sangat mendalam yang dilakukan oleh DPP TMP. Rahmat Effendi dinilai sebagai pemimpin yang berani membela Pancasila, baik dari perkataan, perbuatan dan sikap.[jat]

Tags

Komentar

 
x