Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 18:00 WIB

Senior PDIP Puji Langkah Jokowi Bantu Rohingya

Oleh : - | Jumat, 8 September 2017 | 23:11 WIB
Senior PDIP Puji Langkah Jokowi Bantu Rohingya
Politisi Senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Indonesia dinilai telah menunjukkan kepedulian dan solidaritas yang besar untuk membantu menyelesaikan konflik Rohingya, Myanmar. Hal itu sebagai wujud penerapan terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan komitmen Indonesia menjaga perdamaian dunia.

Politisi Senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait mengapresiasi langkah cepat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mengirim Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan pemimpin tertinggi Myanmar.

"Sebagai bangsa beradab, kita patut mendukung langkah diplomasi pemerintah Jokowi atas konflik Rohingya. Saya kira pemerintah sudah melakukan langkah cepat membantu mengatasi krisis di sana," kata Sabam, Jumat (8/9/2017).

Menurut dia, permasalahan Rohingya murni masalah kemanusiaan sehingga tidak etis dikait-kaitkan dengan konflik agama dan politik. Maka dari itu, Jokowi disarankan untuk segera mempertemukan negara-negara yang bergabung Asia-Afrika bertemu membahas konflik Rohingya.

"Kita ini harus bisa bedakan antara kemanusiaan dan politik, jangan sedikit-sedikit dibawa ke politik. Kalau mau memberikan bantuan kemanusiaan ikut saja bersama pemerintah," ujar mantan Anggota DPR RI ini.

Ia mengatakan langkah Jokowi memberikan bantuan kemanusiaan ke Rohingya sudah tepat. Karena masyarakat di sana lebih membutuhkan bantuan makanan, obat-obatan dan lainnya agar bisa bertahan hidup.

Bahkan bantuan kemanusiaan dikirim ke Rohingya tidak hanya saat kejadian saat ini. Namun, jauh-jauh hari pemerintah sudah berbuat banyak sebelum perstiwa ini jadi perhatian dunia.

"Saya dengar juga sudah memberikan bantuan mendirikan sekolah dan lainnya, mungkin enggak terdengar di media. Tapi itulah karakter Jokowi yang lebih banyak berbuat daripada bicara," tandasnya. [ton]

Tags

 
x