Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 11:23 WIB

Puluhan Ribu Orang Melamar Calon Hakim

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 8 September 2017 | 20:11 WIB
Puluhan Ribu Orang Melamar Calon Hakim
Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sejak dibuka pendaftaran bagj calon hakim, sudah ada 30.715 pelamar calon hakim yang mendaftar melalui online. Adapun data ini berdasarkan sistem rekrutmen seleksi hakim, yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Jumlah pelamar (calon hakim) 30.715 terakhir tercatat. Yang masuk ke SSCN. Peradilan umum 19.91, Agama 7.444 TUN 1.260. Ini jumlah yang mendaftar secara online," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah, Jumat (8/9/2017).

Puluhan ribu pelamar calon hakim itu nantinya akan diseleksi pada tanggal 18-22 September 2017. Tempat seleksi senditi ditentukan oleh BKN. Pihaknya sama sekali tidak terlibat dalam proses penerimaan hakim tersebut.

"Seleksi, nanti lulus ataupun tidak lulus akan diketahui saat itu juga. Sehingga engga ada potensi sedikitpun utk terjadi penyinpangan," ujar dia.

Dari puluhan ribu pelamar itu, hanya 5.052 yang akan diterima. Jumlah itu pun akan dibagi untuk tiga formasi. Namun sebelumnya dilakukan seleksi bidang peradilannya.

"Kamk tahu hakim ini bukan pejabat publik yang umum tapi yang betul-betul berkepribadian khusus. Itulah yg dipilih. Setelah lulus akan diterima sebagai calon pns. Berikutnya tahap pendidikan dan pelatihan," tandasnya. [ton]

Tags

 
Embed Widget

x