Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 02:09 WIB

MA Tegaskan Tak Beri Toleransi Bagi Hakim Nakal

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 8 September 2017 | 12:58 WIB
MA Tegaskan Tak Beri Toleransi Bagi Hakim Nakal
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) tak akan memberikan ruang sedikitpun bagi hakim-hakim nakal. MA akan langsung memecat hakim yang diduga menerima uang atau gratifikasi dalam menangani perkara.

Bukan hanya kepada hakim, sikap itu juga ditujukan pada para Panitera dan staf di Pengadilan yang bermain mata dengan para pihak berperkara.

"Bahwa Mahkamah Agung tidak memberikan toleransi kepada aparat MA dan seluruh badan peradilan yang ada di bawahnya, dapat dikatakan sebagai zero toleransi. Aparat yang telah melakukan penyimpangan perilaku, baik dalam tahap etik maupun masuk tindak pidana," kata Kabiro Hukum dan Humad Ma Abdullah, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Dengan demikian dia meminta seluruh hakim, panitera dan staf Pemgadilan di seluruh Indonesia tidak menerima atau terlibat kasus hukum. Sebab, MA tidak akan memberikan bantuan hukum pada pihak yang terlibat kasus hukum.

"MA dengan tegas menyatakan bahwa apabila ada aparatur yang kena OTT maka akan dijatuhkan sanksi pada hari itu juga," uja dia.

Dalam kesempatan ini dia mengatakan, terkait hakim Pengadilan Bengkulu yang tertangkap tangan oleh KPK pihaknya tidak ikut campur.

"Apabila sudah ditangani aparat berwenang, Mahkamah Agung (MA) menyerahkan sepenuhnya kepada aparat berwenang, dalam hal ini KPK," ujar dia. [rok]

Komentar

 
x