Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:28 WIB

Sebagian Pasport Korban First Travel Dikembalikan

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Jumat, 8 September 2017 | 01:08 WIB
Sebagian Pasport Korban First Travel Dikembalikan
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bareskrim telah menyita 15 ribu Pasport milik korban First Travel dari tangan para tersangka. Hingga kini 6.889 Pasport sudah dikembalikan kepada korban.

"Kami masih menerima pengaduan, ada dari email yang mencapai 8.581 dan yang datang 23.195. Dengan jumlah pengaduan yang cukup besar maka kami akan cermat untuk mendata," kata Kabag Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Martinus di kantornya, Jakarta, Kamis, (7/9/2017).

Martinus mengatakan, penyidik telah memeriksa 10 saksi terkait kasus ini. Saksi-saksi ini sebelumnya sudah pernah diperiksa. Namun Polri hingga saat ini belum bisa berspekulasi soal adanya tersangka baru.

"Kemarin 10 saksi sudah diperiksa. Saksi-saksi ini sudah pernah diperiksa sebelumnya. Mereka kami periksa lagi. Kita konfrontir dengan bukti yang sudah kami temukan. Apakah keterangannya sama atau berbeda. Ini perlu kami kembangkan," katanya.

Sementara itu, saat ini penyidik masih fokus untuk menggali aset-aset dari bos First Travel. Hal ini karena jumlah kerugian dari para korban calon jamaah First Travel masih sangat jauh.

"Kemarin kami sudah geledah rumah kiki di depok, terus rumah orang tua Andika. Kita ingin mendapatkan info sebanyak-banyaknya aset milik First Travel. Sekarang itu masih jauh. Kerugiannya mencapai Rp850 miliyar, tapi yang baru kami baru sita baru puluhan miliyar. Ini akan terus dicari penyidik," ujarnya.

Polisi menjerat tiga tersangka First Travel yakni Andhika, Anniesa, dan Kiki dengan pasal berlapis. Pasal 55 junto pasal 378 (penipuan) dan 372 (penggelapan) KUHP serta UU no 19 tahun 2016 tentang ITE dan pencucian uang.[jat]

Komentar

 
x