Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:12 WIB

HMI Sumenep Desak Indonesia Usir Dubes Myanmar

Oleh : - | Kamis, 7 September 2017 | 14:43 WIB
HMI Sumenep Desak Indonesia Usir Dubes Myanmar
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Sumenep - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sumenep, menggelar aksi solidaritas terhadap krisis kemanusian yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar.

"Ini persoalan kemanusiaan. Kami mengutuk tindak kejahatan kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar," kata Koordinator Aksi Solidaritas, Muksi, Kamis (07/09/2017).

Ia meminta agar pemerintah Indonesia mendesak pemerintahan Myanmar untuk segera menghentikan tindak kejahatan kemanusiaan yang dilakukan bhiksu Budha dan aparat keamanan Myanmar.

"Kalau selama 3x24 jam pemerintah Myanmar tidak menghentikan tindak kejahatan kemanusiaan itu, kami minta agar pemerintah Indonesia segera memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar dan mengusir duta besar Myanmar di Indonesia," ujarnya.

Selain berorasi secara bergantian, puluhan aktifis mahasiswa itu juga menggelar salat gaib dan doa bersama di depan Masjid Jamik Sumenep. Para mahasiswa juga melakukan penggalangan dana di sepanjang jalan Trunojoto Sumenep.

"Penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap saudara-saudara kita, umar muslim Rohingya di Myanmar," ungkapnya.

Ia juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera mengirimkan pasukan kemanusiaan guna melakukan penyelamatan etnis Rohingya.

"Kami pun meminta Pemerintah Indonesia menyediakan lahan untuk penampungan sementara etnis Rohingya," ucapnya. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
x