Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 02:54 WIB

PKS, Hanura dan NasDem Sepakat Usung Ranta

Oleh : - | Rabu, 6 September 2017 | 17:16 WIB
PKS, Hanura dan NasDem Sepakat Usung Ranta
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Serang - Tiga partai politik sepakat mengusung bakal calon walikota Serang Ranta Soeharta yang kini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Banten di Pilkada Kota Serang pada 2018.

Kesepakatan koalisi tersebut disampaikan tiga pimpinan pengurus partai politik di Provinsi Banten yakni PKS, Hanura dan NasDem, di Serang, Rabu.

Tiga pimpinan parpol yang hadir dan menyatakan siap berkoalisi di Pilkada Kota Serang yakni Ketua DPW PKS Banten Miptahudin didampingi Ketua DPC PKS Kota Serang Hasan Basri dan pengurus lainnya, Sekjen DPW NasDem Aries Halawani dan Sekjen DPD Hanura Banten Rano Alfath.

"Kota Serang itu perlu pembenahan serius, perlu figur calon walikota Serang yang berkualitas. Kami sudah membuka penjaringan secara terbuka. Kami dari PKS merekomendasikan pak Ranta ke DPP, tinggal menunggu persetujuan DPP," kata Miptahudin.

Ia mengatakan, PKS sudah melakukan kajian yang mendalam terkait bakal calon yang akan diusulkan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP.

Selain itu, PKS juga mengusulkan nama Nazib Hamas untuk mendapatkan rekomendasi DPP sebagai bakal calon wakil wali kota Serang dalam pilkada serentak 2018 mendatang.

"Kalau untuk penentuan calon wakil walikota, tentu nanti akan dibahas lebih lanjut oleh kami dari partai koalisi," kata Miptah.

Miptah mengatakan, kemungkinan akan ada partai lain yang akan bergabung dalam koalisi 'Rumah Kita' yang akan menyusul bergabung dengan PKS, NasDem dan Hanura.

"Koalisi ini namanya 'Rumah Kita', ya Kota Serang adalah rumah kita yang harus dibenahi. Bukan hanya tiga partai saja, nanti akan ada partai lain yang akan bergabung," kata Miptah.

Pernyatan koalisi bersama 'Rumah Kita' juga disampaikan Sekjen DPW NasDem Banten Aries Halawani dan Sekjen DPD Hanura Banten Rano Alfath.

Menurut Aries Halawani, NasDem sudah merekomendasikan beberapa bakal calon bupati/walikota yang akan mengikuti Pilkada serentak di empat daerah di Banten pada 2018, diantara bakal calon yang diusung NasDem yakni Ahmad Zaki Iskandar untuk Kabupaten Tangerang, Arief R Wismansyah di Kota Tangerang dan Ranta Soeharta di Kota Serang.

"Untuk Kota Serang secara tegas NasDem merekomendasikan pak Ranta. Insyaalah rekomendasi DPW pasti direstui DPP, kami ingin Kota Serang ada perubahan dan sejajar dengan ibu kota lainnya," kata Aries.

Sementara Sekjen DPD Hanura Rano Alfath mengatakan, DPP memberikan kewenangan ke DPD untuk menjalin koalisi dan DPD diberikan kewenangan merekomendasikan ke DPP bakal calon walikota yang akan diusung dalam pilkada serentak.

"Kami hanya bisa merekomendasikan ke DPP, DPP memberikan kewenangan ke kami untuk menjalin koalisi. Kami sepakat membangun koalisi, tujuan sama demi kebaikan Kota Serang," kata Rano.

Menurutnya, dengan koalisi yang dibangun tiga partai ini, sudah mendapatkan gambaran siapa bakal calon walikota Serang yang nantinya akan diusung.

"Hari ini Partai Hanura pleno untuk memutuskan secara serentak bakal calon yang direkomendasikan," kata Rano.

Diketahui tiga parpol yang berkoalisi tersebut yakni PKS, NasDem dan Hanura sudah bisa dipastikan mengusung calon walikota Serang, karena gabungan dari tiga partai politik yang berkoalisi tersebut memiliki 10 kursi di DPRD Kota Serang, PKS tiga kursi, NasDem empat kursi dan Partai Hanura tiga kursi.[tar]

 
x