Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 21:55 WIB

Mendikbud Pastikan Tak Ada FDS di Perpres PPK

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 6 September 2017 | 15:52 WIB
Mendikbud Pastikan Tak Ada FDS di Perpres PPK
Mendikbud Muhadjir Effendi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mendikbud Muhadjir Effendi memastikan, melalui Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pemerintah membebaskan sekolah untuk menerapkan waktu sekolahnya tak harus lima hari atau full day school (FDS).

"(Waktu sekolah) opsional. Jadi, ada yang lima hari dan enam hari," ucap Muhadjir di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2017).

Dengan demikian, lanjutnya, melalui perpres tersebut pihak sekolah atau madrasah bebas memilih waktu belajar dan mengajar selama lima atau enam hari.

Melalui penerbitan perpres ini, Muhadjir memastikan tidak ada aturan full day school yang mewajibkan sekolah menerapkan waktu belajar lima hari atau delapan jam. "Iya, bebas memilih. Pokoknya opsional," ucapnya.

Adapun berdasarkan Pasal 9 Perpres PPK, berikut aturan yang mempersilakan pihak madrasah atau sekolah menerapkan waktu pendidikan yang fleksibel sesuai pilihan mereka:

(1) Penyelenggaraan PPK pada jalur Pendidikan Formal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 dilaksanakan selama 6 (enam) atau 5 (lima) hari sekolah dalam 1 (satu) Minggu

(2) Ketentuan hari sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diserahkan pada masing-masing satuan pendidikan bersama- sama dengan Komite Sekolah/Madrasah dan dilaporkan kepada Pemerintah Daerah atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama setempat sesuai dengan kewenangan masing-masing.

(3) Dalam menetapkan 5 (lima) hari sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), satuan pendidikan dan Komite/Sekolah Madrasah mempertimbangkan:
a. kecukupan pendidik dan tenaga kependidikan;
b. ketersediaan sarana dan prasarana;
c. kearifan lokal; dan
d. pendapat tokoh masyarakat dan/atau tokoh agama di luar Komite Sekolah/Madrasah.[jat]

Komentar

 
x