Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 11:44 WIB

First Travel Sidoarjo Belum Terindikasi Menipu

Oleh : - | Rabu, 6 September 2017 | 15:23 WIB
First Travel Sidoarjo Belum Terindikasi Menipu
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Sidoarjo - Satreskrim Polresta Sidoarjo belum bisa memastikan kantor cabang First Travel di Sidoarjo terlibat dalam aksi penipuan.

Pasalnya dana yang disetorkan calon jemaah umroh bermuara pada kantor pusat First Travel Jakarta.

"Indikasi penipuan belum ada. Karena hasil sementara ini uang yang disetorkan calon jemaah muaranya kesana semua (pusat)," kata Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris Selasa (6/9/2017).

Kendati demikian, pihaknya akan terus mengembangkan hasil laporan calon jemaah yang sudah melaporkan ke Crisis Center Polresta Sidoarjo. Dari 2.502 calon jemaah yang belum diberangkatkan ke tanah suci, saat ini ada sekitar 59 calon jemaah yang sudah melapor ke Polresta Sidoarjo.

"Sepertinya juga masih banyak jemaah yang belum tahu keberadaan crisis center. Makanya nanti akan terus kita sosialisasikan agar mereka mengadu kesini," tegasnya.

Mantan Kapolsek Simokerto Surabaya itu menjelaskan, keberadaan crisis center untuk membantu para calon jemaah yang merasa dirugikan atas agen perjalanan umrah ke tanah suci. Namun dari sekian banyak jemaah yang melaporkan kasus itu, kebanyakan hanya mengantongi pembayaran berbentuk fotocopy.

"Bukti pembayarannya kebanyakan fotocopy. Tapi itu tidak masalah, dan nanti kita cocokkan dengan data yang ada di kantor cabang. Karena sebagian mereka masih menganut sistem kepercayaan. Jadi, tidak butuh kwitansi," terangnya.

Sebelumnya, pasca adanya laporan masuk, Tim Crisis Center dari Satreskrim Polresta Sidoarjo melakukan penggeledahan terhadap kantor cabang First Travel Sidoarjo di Blok K No 2B Ruko Perumahan Pondok Mutiara Jalan Jati Sidoarjo.

Dalam penggeledahan itu, petugas Crisis Center dari Satreakrim Polresta Sidoarjo mengamankan sejumlah dokumen, paspor, dan bukti rekening (koran). ejumlah bukti tersebut akan disesuaikan dengan pengaduan korban First Travel yang melapor ke Crisis Center Polresta Sidoarjo.[beritajatim]

Komentar

 
x