Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 11:17 WIB

Jemaah Haji Khusus Mulai Tinggalkan Arab Saudi

Oleh : - | Rabu, 6 September 2017 | 10:32 WIB
Jemaah Haji Khusus Mulai Tinggalkan Arab Saudi
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Jeddah - Kuota haji khusus tahun ini sebanyak 17.000 orang, sedangkan jumlah jemaah haji khusus yang berangkat mencapai 16.862 orang. Masa tinggal mereka di Arab Saudi kebanyakan jauh lebih singkat dari pada haji reguler. Setelah menunaikan ibadah haji sebagian besar dari mereka langsung kembali ke Indonesia.

Senin (5/9/2017) jemaah haji khusus mulai meninggalkan tanah suci setelah menjalani ritual ibadah haji. Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) PT. Kota Piring Kencana, merupakan PIHK yang pertama memulangkan jemaah haji mereka. Sebanyak 57 jemaah PIHK PT. Kota Piring Kencana menuju ke tanah air dengan pesawat Oman Air.

Mengutip Kemenag.go.id, Kepala Bidang Pengendalian PIHK PPIH Arab Saudi Mulyo Widodo melepas jemaah haji khusus tersebut di Bandara International King Abdul Aziz Jeddah. "Jemaah akan transit di Oman dan insya Allah akan tiba di tanah air pada tanggal 6 September 2017," ujar Widodo sesaat setelah menyalami jemaah haji, Jeddah, Senin (5/9/2017).

Wajah para jemaah terlihat bahagia karena sebentar lagi mereka akan kembali berkumpul dengan keluarga. Namun ada juga yang mengaku bersedih karena harus berpisah dengan tanah suci, tanah kelahiran Nabi. "Semoga suatu saat saya dapat kembali beribadah lagi di sini," ujar salah satu jemaah yang tergabung dalam PIHK asal Jakarta Timur tersebut.

Pemulangan jemaah haji juga tidak hanya melalui bandara King Abdul Aziz Jeddah. Sebagian jemaah haji khusus akan kembali ke Indonesia melalui Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah. Mereka masih akan melakukan berbagai ibadah di Madinah, baik arbai, ziarah ke makam Nabi Muhammad, maupun berkunjung ke situs-situs Islam bersejarah di kota Nabi tersebut. [beritajatim]

Tags

 
x