Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 19:07 WIB

Tito Larang Borobudur Dipakai Aksi Bela Rohingya

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Selasa, 5 September 2017 | 13:13 WIB
Tito Larang Borobudur Dipakai Aksi Bela Rohingya
Kapolri Jenderal Pol Tito karnavian - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito karnavian melarang rencana aksi bela Rohingya di Candi Borobudur yang dilakukan oleh beberapa Ormas Islam pada Jumat (8/9).

Tito sudah memerintahkan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Condro Kirono untuk tidak mengizinkan aksi tersebut. Caranya dengan tidak menandatangi surat permohonan izin. "Dilarang. Saya Tegaskan aksi ini dilarang. Saya sudah perintahkan Kapolda Jawa Tengah," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Tito beralasan bahwa Candi Borobudur merupakan objek vital dan warisan dunia sehingga tidak boleh digunakan untuk melakukan aksi.

Selain itu, Tito juga mempertanyakan pihak yang ingn menggunakan Candi Borobudur sebagai lokasi untuk melakukan aksi. "Tak ada hubungannya dengan Candi, itu objek vital, tempat wisatawan. Warga Hindu Budha juga sudah mengecam kekerasn di Myanmar," katanya.

Ia menambahkan, tokoh- tokoh umat Budha dan Hindu sudah menyatakan sikap mengecam kekerasan di Rohingya. Tak ada alasan bagi Ormas Islam untuk melakukan aksi di Candi Borobudur karena ini bukan masalah umat Budha dan Umat Islam di Indonesia.[jat]

 
x