Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 19:49 WIB

Romi Imbau Waspadai Berita Hoax di Medsos

Oleh : - | Sabtu, 2 September 2017 | 02:11 WIB
Romi Imbau Waspadai Berita Hoax di Medsos
Ketua Umum PPP, Romahurmuziy atau Romi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum PPP, Romahurmuziy atau Romi kembali mengingatkan bahaya berita hoax yang kerap ditemukan di media sosial. Ini merupakan bagian dari refleksi peringatan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah pada Jumat (1/9/2017).

Menurut dia, isu sensitif seperti suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) sengaja diviralkan di media sosial untuk mengganggu kedamaian dan kebhinekaan NKRI serta mempengaruhi opini publik.

"Isu hoax seringkali dimanfaatkan kelompok radikal dan kelompok tidak bertanggungjawab untuk memprovokasi yang merusak kedamaian dan kebhinekaan NKRI," kata Romi.

Ia mengatakan jika hoax dibiarkan tentu akan menjadi ancaman nyata bagi dinamika ekonomi dan politik yang berpotensi menimbulkan kegaduhan besar, bahkan menciptakan rasa tidak aman pada masyarakat dan pada gilirannya mengganggu iklim investasi.

"Berita hoax harus dilawan untuk menjaga kebhinekaan dan kedaulatan NKRI," ujar anggota Komisi XI DPR RI ini.

Ia menambahkan masyarakat perlu diberikan resep untuk menangkal berita palsu atau hoax tersebut, yaitu dengan cara tabayun atau klarifikasi, menghidupkan nalar, memvalidasi secara masuk akal sehat dalam konteks ajaran Islam dari setiap informasi yang diterima.

Menurutnya, jika sudah tidak diragukan kebenaran dan manfaatnya, tentu menyebarluaskannya tidak dipersoalkan bahkan bisa menuai kebaikan. Akan tetapi, jika belum jelas kebenaran dan manfaatnya jangan disebarluaskan.

"Jika belum jelas kebenaran dan manfaatnya, sebaiknya tidak melakukan apapun. Apalagi men-share kepada orang lain karena menimbulkan kemudharatan," tandasnya. [ton]

 
x