Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 02:20 WIB
 

KY Kaji Laporan Soal Sidang SMAK Dago

Oleh : - | Kamis, 31 Agustus 2017 | 22:22 WIB
KY Kaji Laporan Soal Sidang SMAK Dago
Juru Bicara KY, Farid Wajdi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) memastikan akan meneliti dan menindaklanjuti pengaduan dugaan pelanggaran hakim yang memimpin sidang sengketa lahan SMAK Dago Bandung.

"Seluruh laporan diperlakukan sama sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku di KY," kata Juru Bicara KY, Farid Wajdi, Kamis (31/8/2017).

Farid menjelaskan pihaknya memegang prinsip tidak masuk ke ranah substansi atau pertimbangan hukum suatu perkara pada persidangan, tapi menjadikan laporan sebagai salah satu pintu masuk menemukan indikasi dan bukti dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

"KY akan menindaklanjuti pengaduan sesuai kewenangan yang dimiliki melalui proses analisis, pemeriksaan hingga investigasi saat ditemukan indikasi kuat dugaan pelanggaran kode etik," ujarnya.

Sebaliknya, jika tidak ditemukan bukti yang kuat maka nama hakim pada putusan yang dilaporkan akan direhabilitasi.

Untuk diketahui, pengacara Benny Wulur menyampaikan pengaduan dugaan pelanggaran dan kejanggalan pada fakta persidangan terkait sengketa lahan SMAK Dago di Pengadilan Negeri Bandung Jawa Barat.

Benny mengirimkan surat pengaduan yang ditujukan kepada Ketua KY berdasarkan Surat Nomor : 23/KH-B/VIII/2017 tertanggal 15 Agustus 2017.

Sidang perkara itu sengketa antara Yayasan Badan Perguruan Sekolah Menengah Kristen Jawa Barat (YBPSMKJB) melawan Perkumpulan Lyceum Kristen (PLK) mengenai aset SMAK Dago Bandung. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x