Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 19:45 WIB

5 Kg Sabu Dibakar di Halaman Kejari Mojokerto

Oleh : - | Kamis, 31 Agustus 2017 | 14:22 WIB
5 Kg Sabu Dibakar di Halaman Kejari Mojokerto
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Mojokerto - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Mojokerto melakukan pemusnahan barang bukti (BB) perkara yang telah berkekuatan hukum tetap.

Sebanyak 56,928 gram sabu bersama barang bukti lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman belakang Kejari Kota Mojokerto, Kamis (31/8/2017).

Kepala Kejari Kota Mojokerto, Halila Rama Purnama mengatakan, pemusnahan BB tersebut dari 20 perkara kejahatan yang melanggar UU narkotika dan tujuh perkara UU KUHP. "Ini merupakan penangganan sejak Kejari Kota Mojokerto resmi beroperasi yakni selama 10 bulan," ungkapnya.

Masih kata Halila, BB yang dimusnahkan yakni sabu seberat 56,928 gram, ganja 0,72 gram, pil double L 482 butir, ekstasi 15 butir, minuman keras 20 botol @1 liter, sampel urine lima buah, handphone 10 buah, korek api 22 buah, alat hisab sabu sebanyak sembilan buah, timbangan elektronik sebanyak empat buah.

Tas enam buah, plastik klip 53 buah, panci satu buah, pipet kaca tiga buah, jaket dua buah, sedotan tujuh buah, kartu ATM dua buah, kunci L lima buah, obeng dua buah, jam tangan satu buah dan buku rekening satu buah. Selain pemusnahan BB, Kejari Kota Mojokerto juga meluncurkan petugas antar (gastar) BB dan saksi.

"Gastar hanya untuk mereka (saksi, red) yang berdomisili di Kota Mojokerto serta BB yang juga dikembalikan ke saksi korban, sementara ini masih sebatas mereka yang domisilinya di Kota Mojokerto. Karena selama ini, saksi mengambil BB sendiri ke Kejari setelah mempunyai kekuatan hukum tetap," katanya.

Halilla menjelaskan, peluncuran gastar dengan menggunakan dua unit motor tersebut untuk mendukung Kota Mojokerto servis city. Gastar akan antar-jemput dari rumah ke persidangan. Sementara sampai saat ini masih ada dua motor yang digunakan untuk gastar BB dan saksi, namun rencana akan penambahan armada motor.

"Rencananya penggadaan empat motor lagi untuk gastar karena kami berupaya melayani semaksimal mungkin meskipun dengan SDM yang sedikit. Ini statusnya pinjam pakai tapi untuk pengadaan dari kita sendiri, dalam kesempatan ini kita juga luncurkan call gastar," jelasnya. [beritajatim]

 
x