Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 04:56 WIB

Kabareskrim Apresiasi Pendata Korban First Travel

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 31 Agustus 2017 | 12:40 WIB
Kabareskrim Apresiasi Pendata Korban First Travel
Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengapresiasi para volunteer atau masyarakat yang turut ikut membantu mendata korban-korban dugaan penipuan dan penggelapan yang melibatkan biro perjalanan umroh First Travel.

"Saya sangat berterima kasih dengan adanya sukarelawan yang datang dari masing-masing kelompok masyarakat, baik kelompoknya sendiri, teman-teman korban," kata Ari di Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Menurut dia, karyawan-karyawan dari institusi lainnya yang bergabung dengan merelakan diri mereka untuk menjadi sukarelawan dalam membantu memilah, mengumpulkan data demi data dari tiap kotak yang telah disita.

"Ini tentu saja memudahkan pendataan bagi kita semua sehingga terklasifikasi perabjad untuk dibagikan," ujarnya.

Ia memberikan apresiasi tinggi mengingat jika dikerjakan lebih kolektif, tentu para korban bakal bisa lebih cepat terbantu terkait dokumen-dokumen mereka. Meskipun pada awalnya mereka sempat khawatir terjadi penolakan.

"Para sukarelawan itu awalnya kita organisir, kita ajak untuk sama-sama membantu agar segera tuntas soal data-data para korban yang jumlahnya ribuan itu. Nah, dalam perjalanannya para sukarelawan itu ternyata termasuk juga para korban yang hendak mengambil dokumen mereka di Bareskrim. Mengagumkan," jelas dia.

Ia menambahkan seluruh laporan dari masyarakat yang menjadi korban First Travel tentu diterima, baik yang langsung maupun lewat internet termasuk yang lapor dari Polda-Polda itu dihimpun semua jadi satu.

"Dengan ini, termasuk jika kemudian ada tambahan sukarelawan lagi, kita bisa memberikan yang terbaik bagi para korban. Minimal soal pendataan mereka bisa segera terurus. Orang tua kita toh juga sudah mengajarkan bahwa berat sama dipikul, ringan sama dijinjing," katanya. [rok]

Tags

 
x