Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 06:58 WIB

DPR Ingatkan Hati-hati Gunakan Bantuan Dana Parpol

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 29 Agustus 2017 | 19:33 WIB
DPR Ingatkan Hati-hati Gunakan Bantuan Dana Parpol
Ketua Komisi II DPR RI, Zainuddin Amali - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi II DPR RI, Zainuddin Amali mengingatkan kepada semua partai politik untuk hati-hati dalam menggunakan bantuan dana partai yang telah disetujui pemerintah sebesar Rp 1.000/suara sah.

"Ada hal yang jika Pemerintah akan mengevaluasi dana bantuan parpol tersebut setiap tahun, ini membuat parpol harus berhati-hati dalam penggunaannya serta menjaga kepercayaan publik," kata Amali di Gedung DPR, Selasa (29/8/2017).

Anggota Fraksi Partai Golkar ini berharap dengan bertambahnya bantuan dana partai politik dari Rp 108/suara sah menjadi Rp 1.000/suara sah itu tak membuat partai seenaknya dalam menggunakan dana tersebut, karena dana itu harus bisa diaudit oleh BPK mengingat dari APBN.

"Kemudian, parpol juga harus terbuka kepada publik (akuntable) tentang penggunaan dana tersebut," ujar Ketua DPP Golkar ini.

Menurut dia, penambahan dana bantuan untuk partai politik itu hal yang wajar. Sebab, pemerintah memberi perhatian terhadap eksistensi partai lantaran Indonesia sudah memilih jalan demokrasi sebagai cara mengelolah negara ini.

"Prasyarat untuk bertumbuhnya demokrasi adalah kehadiran parpol yang sehat, baik dari cara pengelolaan demokratisasi di internal parpol itu sendiri maupun cara parpol memberi kontribusi positif terhadap berkembangnya demokrasi di negeri ini," jelas dia.

Ia mengakui salah satu yang menjadi persoalan partai di Indonesia adalah pendanaan, baik partai yang sudah tergolong lama maupun baru tentu persoalannya sama, yakni tidak adanya sumber pembiayaan partai yang jelas dan pasti selain dari berharap pada uluran tangan pemerintah. [ton]

Tags

 
Embed Widget

x