Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 21:47 WIB

Kemarau, Kawasan Hutan di Jombang Kerap Terbakar

Oleh : - | Selasa, 29 Agustus 2017 | 09:34 WIB
Kemarau, Kawasan Hutan di Jombang Kerap Terbakar
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Jombang - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Jombang kerap terjadi. Seperti halnya kawasan Hutan Ngusikan, di lereng pegunungan Anjasmoro, Hutan Kabuh, serta di Desa Kedunglumpang, Mojoagung.

Kebakaran sebanyak empat kali itu terhitung mulai Juli hingga Agustus 2017. Demikian data yang dihimpun dari kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang.

"Memasuki musim kemarau seperti ini memang rawan terjadi kebakaran hutan. Mulai Juli sampai Agustus ini, sudah terjadi empat kali," kata Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Jombang Gunadi, Selasa (29/8/2017).

Gunadi menyebut, dari empat kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa. Untuk di dua lokasi, aoi berhasil dipadamkan oleh petugas. Namun dua lokasi lain, petugas kesulitan karena sulitnya medan.

"Kebakaran hutan di Desa Pengampon, Kecamatan Kabuh dan hutan di Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung, berhasil kita padamkan. Namun untuk yang di lereng Anjasmoro, kami tidak bisa menuju lokasi karena mendannya cukup berat," urainya.

Apa penyebab kebakaran itu? Gunadi belum bisa memastikan. Namun pihaknya menduga, kebakaran terjadi karena faktor kesengajaan dan ketidaksengajaan. "Cuaca yang sangat panas, segala kemungkinan dapat terjadi. Gesekan daun saja bisa jadi penyebab kebakaran," pungkasnya. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
x