Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 18:21 WIB

DPR Apresiasi Kenaikan Bantuan Dana Parpol

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 28 Agustus 2017 | 21:42 WIB
DPR Apresiasi Kenaikan Bantuan Dana Parpol
Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan - (Foto: Inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan mengapresiasi langkah pemerintah yang menambahkan bantuan dana partai politik dari Rp 108 menjadi Rp 1.000 per suara sah. Menurut dia, kenaikan ini tidak perlu dilihat nilai besarannya.

"Apresiasi pemerintah terkait adanya atensi dukungan moril dan materiil pada parpol. Kami tidak melihat besarnya kenaikan dana parpol, tapi kami sebagai bagian parpol hanya melihat dari esensi penambahan dana parpol tersebut," kata Taufik di Gedung DPR, Senin (28/8/2017).

Wakil Ketua Umum PAN ini melihat situasi global yang belum bersahabat, tentu apresiasi ini menjadi catatan tersendiri bagi partai untuk memacu lebih baik ada dukungan moril dari pemerintah sebagai salah satu tiang penyangga demokrasi.

"Sehingga, dari dana yang bertambah itu jadi catatan untuk priorutaskan pendidikan politik. Karena salah satu fungsi parpol adalah ciptakan calon-calon pemimpin bangsa dengan sistm demokrasi yang kita anut," ujarnya.

Sehingga, kata Taufik, bagi kualifikasi ini terkait elektoral, pra elektoral dan pasca elektoral. Menurut dia, untuk pra elektoral dana yang terbatas itu bisa digunakan untuk matrikulasi calon legislatif atau ditingkat presiden manakala pemilu legislatif dan pemilu presiden serentak.

"Maka perlu pemberian penambahan visi misi calon sehingga tidak beri cek kosong," jelas dia.

Kemudian, dalam proses elektoral yaitu dimana partai politik berkompetisi sehat untuk mencari simpati masyarakat sehingga hal ini yang perlu diperhatikan.

"Pasca elektoral itu proses parpol amankan suara melalui kader yang dibentuk lalu ditempatkan di tiap TPS diharapkan dana banpol jadi sangat penting ktika berkaitan kita berikan kaderisasi dalam kaitan elektroal," tandasnya.

Untuk diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat penetapan kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo atas usulan besaran bantuan dana kepada partai politik.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Menteri Keuangan Nomor 277/MK.02/2017 tanggal 29 Maret 2017. Dimana, Kementerian Keuangan menetapkan bantuan partai politik tiap tahunnya sebesar Rp 1.000 persuara sah atau naik dari sebelumnya Rp 108 persuara sah.

Pasalnya, alokasi anggaran itu diambil dari APBN dan telah melalui kajian. Meskipun bertambah, jumlah tersebut masih lebih kecil dari hasil kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyebut dana partai idealnya Rp 1.071 persuara sah. [ton]

Tags

Komentar

 
x