Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 19:15 WIB

KPU Jabar Siapkan 25 Petugas Verifikasi

Oleh : - | Senin, 28 Agustus 2017 | 21:25 WIB
KPU Jabar Siapkan 25 Petugas Verifikasi
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyiapkan 25 ribu petugas khusus untuk memverifikasi faktual data dukungan calon perseorangan untuk Pilkada Jabar 2018.

"Mereka akan menemui langsung warga ke seluruh kota/kabupaten untuk verifikasi data dukungan tersebut," kata Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq, Senin (28/8/2017).

Ia menuturkan, untuk maju sebagai calon gubernur-wakil gubernur Jabar melalui jalur perseorangan harus mendapatkan 2.132.589 dukungan yang dibuktikan dengan lembaran fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan kependudukan dari dinas terkait.

"Verifikasi faktual akan dilakukan 'door to door', kami datangi setiap pemilik identitas yang tercantum dalam surat dukungan tersebut," katanya.

Ia menyebutkan, tim verifikasi itu melibatkan tiga orang petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) di tiap desa beserta anggota tersebar di 27 kabupaten/kota, 627 kecamatan, dan 5.957 desa di Jabar.

KPU juga berencana melibatkan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk memverifikasi dukungan kandidat jalur perseorangan tersebut.

"Petugas verifikasi akan mendapat insentif Rp1.500 per satu dukungan," tambahnya. [ton]

 
x