Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 19:53 WIB

Penyuap Patrialis Akbar Divonis 7 Tahun Penjara

Oleh : Agus Irawan | Senin, 28 Agustus 2017 | 14:01 WIB
Penyuap Patrialis Akbar Divonis 7 Tahun Penjara
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Basuki Hariman dengan hukuman tujuh tahun penjara dengan denda Rp400 juta subsidiar tiga bulan kurungan.

"Atas perbuatannya maka kami menyatakan terdakwa Basuki Hariman yang terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," kata Ketua Majelis hakim Narawi Pamolangodi saat membacakan putusan di PN Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).

Narawi mengungkapkan dengan fakta tersebut maka terdakwa Basuki Hariman dijatuhkan pidana penjara selama tujuh tahun.

"Dengan dengan Rp400 juta dengan ketentuan, jika tidak dibayar akan digantikan pidana kurungan selama tiga bulan," ujarnya.

Menurut majelis hakim bahwa Basuki dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Selain itu Basuki juga kurang transparan dalam memberikan keterangan.

Kemudian yang menjadi meringankan terdakwa adalah belum pernah terjerat hukum, dan sopan selama diperiksa serta masih mempunyai tanggungan keluarga.

Atas perbuatannya, terdakwa Basuki dikenakan Pasal 6 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1ke 1 jo Pasal 64 ayat 1KUHP.[jat]

 
x