Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 18:28 WIB

Kementerian PANRB-BKN Gelar Simulasi CAT CPNS

Oleh : - | Kamis, 24 Agustus 2017 | 15:57 WIB
Kementerian PANRB-BKN Gelar Simulasi CAT CPNS
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Surakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali akan menghadirkan simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam pameran Gerakan Indonesia Melayani pada Jambore Nasional Gerakan Revolusi Mental di Stadion Manahan Solo, Jumat-Minggu (25-27 Agustus 2017).

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk membantu para pelamar CPNS di Mahkamah Agung dan Kemenetrian Hukum dan HAM, yang sudah dibuka sejak tanggal 1 Agustus silam. Tes CPNS dengan sistem CAT sudah dimulai sejak tahun 2013 sebagai uji coba dan dilaksanakan secara menyeluruh sejak tahun 2014.

Hingga kini sistem tersebut terus digunakan, karena mampu mencegah terjadinya main mata atau kongkalingkong dalam penerimaan CPNS. "Tahun ini, seleksi kompetensi dasar (SKD) di Kemenkum HAM dan MA juga menggunakan sistem CAT. Meskipun sebagian besar masyaraat sudah paham dengs sistem tersebut, tapi kami bersama Badan Kepegawaian Negara terus melakukan sosialisasi melalui simulasi," ujar Kabag Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi di Surakarta, Kamis (24/8/2017).

Dengan simulasi ini diharapkan masyarakat, khususya kaum muda pelamar CPNS dapat lebih memahami dan menjiwai, sehingga pada saat mengikuti tes nantinya lebih siap. Selain itu, peserta simulasi ini bisa menjadi agen untuk menyampaikan informasi kepada saudara, teman serta kerabata di sekitarnya bahwa tes CPNS saat ini sudah transparan dan obyektif. "Jadi jangan ada lagi masyarakat yang percaya dengan calo," imbuh Suwardi. [*]

Komentar

 
x