Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:36 WIB

Kasus di SEA Games, Presiden Hanya Lempar Senyum

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 23 Agustus 2017 | 20:44 WIB
Kasus di SEA Games, Presiden Hanya Lempar Senyum
Menpora Imam Nahrawi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menpora Imam Nahrawi menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana untuk melaporkan perkembangan terbaru prestasi Indonesia di SEA Games 2017, Selasa (23/8/2017).

"Saya lapor ke beliau tentang update prestasi kita di SEA Games. Per sore ini kita berada di peringakt 5 dengan 14 medali emas. Tentu beliau terus memberi support dan semangat sekaligus motivasi agar atlet indonesia tidak boleh patah arang tepat berusaha sebaik mungkin menjadi yang terbaik," jelas Imam usai pertemuan di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2017).

Presiden RI, lanjutnya, mengharapkan agar medali SEA Games harus diraih dengan cara yang adil, sportif, jujur dan penuh semangat untuk kebanggan Merah Putih.

Hal kedua yang dilaporkannya adalah mengenai insiden bendera Indonesia yang terbalik di buku panduan, suvenir acara hingga di media-media cetak Malaysia.

"Saya sudah sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa sudah ada itikad baik dari pemerintah Malaysia, permohonan maaf yang langsung disampaikan oleh Menpora dan Menlu mereka. Sekaligus perubahan pada suvenir. Sekarang sudah diubah oleh pemerintah Malaysia dari yang semula terbalik sekarang sudah benar. Kemudian ini yang di media cetak, judulnya sudah bisa. Revisi yang benar ada tulisan updated edition, edisi terbaru. Kemudian di dalamnya juga sudah diubah," paparnya.

Imam memastikan seluruh masalah kesalahan cetak bendera telah selesai. Sehingga menurutnya tak ada lagi yang perlu dipersoalkan saat ini.

"Sudah termasuk di halaman. Semua yang ada di meja tamu VIP/VVIP, termasuk juga di halaman gambar Thailand. Bendera Indonesia namanya Thailand sudah diganti juga," ucapnya.

Soal respon Jokowi terhadap laporannya hari ini, Imam mengungkapkan bahwa Kepala Negara menunjukkan respons senyum serays mengangguk-anggukan kepalanya.

"Setelah saya laporan dengan detail kepada beliau dan menunjukkan majalah ini, surat dari Menpora Khairy (Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin) juga dari Kemenlu Malaysia, beliau manggut-manggut dan senyum," ujarnya.

Ia menilai sikap Jokowi ini mengisyaratkan agar persoalan bendera terbalik ini tak perlu diperpanjang lagi. Maka, Imam mengimbau rakyat Indonesia tak perlu lagi menunjukkan sikap kekesalannya.

"Kalau Bapak Presiden dan Wapres sudah manggut, tentu ini sudah tidak harus dilanjutkan lagi. Maka, ini kita harus melihat ada hal besar yang harus dilakukan yaitu memperkuat rasa persaudaran kita sesama bangsa di ASEAN," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x