Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 19:08 WIB

Jokowi Ingin PT Indonesia Lebih Dinamis

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 23 Agustus 2017 | 19:21 WIB
Jokowi Ingin PT Indonesia Lebih Dinamis
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar audiensi bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Forum Rektor Indonesia dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2017).

Usai pertemuan, Menristekdikti M Natsir mengungkapkan harapan Jokowi atas pertemuan yang berlangsung pada sore hari ini.

"Bapak Presiden telah memberikan arahan yaitu kita ingin merespons suatu perubahan yang cepat. Perguruan tinggi tidak boleh lagi hanya melihat seperti business as usual apa yang ada ini," kata Natsir di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2017).

Ia menambahkan, dalam pertemuan disampaikan pula keinginan Jokowi agar perguruan tinggi di Indonesia mampu bersikap dinamis dalam menghadapi perubahan, mulai dari proses pendidikan hingga masalah perizinan.

"Jadi, sesuai arahan Bapak Presiden harus dilakukan secepat-cepatnya untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap regulasi-regulasi yang menyangkut di pendidikan tinggi," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mnegatakan ke depannya Menristekdikti juga akan mengatur regulasi soal kemudahan pengembangan program studi agar mampu mengikuti perkembangan global.

"Perizinan harus kita permudah memang. Suatu contoh, perkuliahan dimana Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, itu mengatur dosen itu syaratnya harus S2, minimal. Kalau di perguruan tinggi tidak ada kan tidak mungkin perkembangannya begitu cepat. Sementara banyak profesional yang ada dalam bidangnya secara akademik tidak memenuhi tapi secara profesional dia memenuhi kebutuhan ini," tandasnya.[jat]

Tags

 
x