Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 11:09 WIB

14 Petugas akan Pantau Hewan Kurban di Padang

Oleh : - | Sabtu, 19 Agustus 2017 | 11:22 WIB
14 Petugas akan Pantau Hewan Kurban di Padang
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Padang - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengerahkan 14 petugas kesehatan hewan untuk memantau kesehatan hewan kurban di daerah itu jelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian setempat Syaiful Bahri mengatakan, para petugas kesehatan hewan tersebut terdiri atas enam orang dokter hewan dan delapan orang paramedis hewan.

"Petugas pemantau kesehatan hewan kurban itu bertugas memeriksakan dan memastikan bahwa hewan kurban yang akan disembelih pada saat hari raya kurban adalah hewan yang sehat," ujarnya di Padang, Sabtu (19/8/2017).

Perlunya pemeriksaan hewan kurban tersebut, katanya agar daging kurban yg dikonsumsi oleh masyarakat merupakan daging yang sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit.

"Sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi daging kurban itu dengan aman," katanya.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah itu dilakukan dengan mendatangi kantong-kantong ternak yang terdapat di beberapa kecamatan.

"Hingga saat ini sudah empat kantong ternak yang dilakukan pemeriksaan,"sebutnya.

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat ataupun para pengurus masjid yang mengurusi hewan kurban agar melaporkan dan memeriksakan hewan kurban kepada tim pemeriksa kesehatan hewan.

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi tentang kesehatan hewan kurban kepada 658 orang pengurus masjid yang ada di daerah itu.

"Dengan sosialisasi yang telah dilakukan diharapkan para pengurus masjid sudah mengerti tentang kesehatan hewan kurban itu," tambahnya.[tar]

 
x