Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 16:00 WIB

Andi Narogong Disebut Gelontorkan Uang ke Novanto

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 14 Agustus 2017 | 18:31 WIB
Andi Narogong Disebut Gelontorkan Uang ke Novanto
Andi Agustinus alias Andi Narogong - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong ternyata sudah menggelontorkan uang korupsi e-KTP kepada Setya Novanto. Hal itu tercantum dalam surat dakwaan Andi Narogong.

Pemberian uang kepada Setya Novanto itu terungkap adanya laporan pada Mei 2012, Andi Narogong dan Anang S Sudihardjo melaporkan kepada Sugiharto sudah membayar tahap 1, tahap 2, dan tahap 3 pada tahun 2011 serta pembayaran tahap 1 pada tahun 2012 yang seluruhnya berjumlah Rp1.857.885.808.629.

"Sebagian uang tersebut oleh terdakwa (Andi Narogong) telah diberikan kepada Setya Novanto," kata jaksa KPK Wawan Yunarwanto saat membacakan surat dakwaan terdakwa Andi Narogong di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (14/8/2017).

Kemudian, Andi juga membagi-bagikan uang kepada anggota DPR lain. Namun, sayangnya jaksa dalam dakwaan Andi Narogong ini tak membeberkan secara rinci nama-nama anggota DPR lain tersebut.

Hal ini berbeda dengan surat dakwaan terdakwa Irman dan Sugiharto, yang menjelaskan secara detail siapa-siapa saja wakil rakyat yang ikut menikmati uang hasil korupsi yang merugikan uang negara senilai Rp2,3 triliun itu.

Jaksa KPK hanya menyebut beberapa anggota DPR RI periode 2009-2014 diuntungkan sejumlah USD 14.656.000 dan Rp44 miliar rupiah.

"Bahwa seluruh uang yang diterima oleh terdakwa dan sebagian diberikan kepada Irman, diah Anggaraeni, Sugiharto, Setya Novanto, serta kepada anggota DPR RI baik pada saat proses penganggaran maupun pada saat pelaksanaan pengadaan tersebut," ujar dia.

Uang itu berasal dari keuangan negara yakni bersumber dari selisih kemahalan harga sebagaimana yang tercantum dalam kontrak dengan harga yang sebesarnya dalam proyek penerapan KTP berbasis NIK secara nasional (KTP elektronik). [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x