Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 14:10 WIB

Kemenag Bakal Tetapkan Referensi Biaya Umroh

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 12 Agustus 2017 | 16:34 WIB
Kemenag Bakal Tetapkan Referensi Biaya Umroh
Kepala Pusat Dan Informasi Kemenag Mastuki HS - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) berencana menentukan tarif ibadah umroh. Hal itu dilakukan setelah kasus First Travel terbongkar dan merugikan puluhan ribu calon jamaah.

"Kita sudah mendiskusikannya untuk menetapkan harga terendah dan tertinggi," ujar Kepala Pusat Dan Informasi Kemenag Mastuki HS di Jakarta, Sabtu (12/8/2017).

Namun sebelum ditentukan harganya, Kemenag, kata Mastuki, akan berdiskusi dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

"KPPU tidak membolehkan menetapkan harga fix. Karena itu nanti akan menggaggu usaha-usaha. Kami akan mendiskusikan," ungkapnya.

Namun Kemenag juga sudah jaga-jaga jiak diskusi penentuan harga fix tidak disetujui."Jalan paling moderat adalah harga referensi. Bukan harga fix Rp 20 juta, Rp 21 juta, tidak. Itu angka moderat yang akan kita tentukan," terangnya.

Sebelumnya Kemenag sempat dikritik oleh Ketua Himpunan Penyelenggara Haji Dan Umrah (HIMPUH) Baluki Ahmad. Ia berkata masyarakat banyak yang tertipu iming-iming umroh karena promo harga yang tidak logis.

Kemenag membekukan izin perusahaan First Travel pada 1 Agustus lalu. Perusahaan ini disebut belum juga memberangkatkan 35 ribu calon jemaah umrah.

Komentar

 
Embed Widget

x