Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 16:37 WIB

Reshuffle Jilid III

Reshuffle Upaya Jokowi Berbalas Budi ke Relawan?

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Sabtu, 12 Agustus 2017 | 08:10 WIB
Reshuffle Upaya Jokowi Berbalas Budi ke Relawan?
Presiden Joko Widodo - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Permadi mengatakan salah satu faktor adanya isu reshuffle kabinet jilid ketiga oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan karena upaya balas budi kepada para relawan yang belum kebagian jatah kursi jabatan lembaga atau instansi pemerintahan.

Menurut dia, Jokowi bisa menduduki kursi orang nomor satu di republik ini karena berkat orang-orang dekat atau relawan. Sehingga, banyak pertimbangan untuk melakukan reshuffle menteri Kabinet Kerja jilid ketiga nantinya.

"Bisa saja Jokowi harus mempertimbangkan faktor-faktor, kalau dia kan banyak yang mendukung, banyak yang membantu dia, semua harus dapat giliran, ada yang jadi menteri, direktur DUMN, dirjen, wantimpres, itu kan semua dibagi. Kalau masih ada yang belum dapat jatah ya sekaranglah dapat jatah, biasa saja," kata Permadi kepada INILAHCOM, Jumat (11/8/2017).

Ia mengatakan hak prerogratif Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet berapa kali, tergantung beliau mau berapa kali reshuffle karena tidak bisa digangggu gugat oleh orang lain. Memang, salah satunya dilakukan reshuffle untuk menampung para tokoh yang memenangkan Jokowi di Pemilu Presiden 2014 lalu.

"Antara lain (balas budi Jokowi), tapi bukan satu-satunya faktor," ujarnya.

Ia mengatakan untuk kriteria menteri yang harus dipilih tentu tergantung Jokowi, orang lain boleh menyarankan tapi tetap keputusan ditangan Jokowi. Sebab, banyak orang yang menyarankan supaya menteri-menteri diganti karena tidak ada prestasinya, tidak pernah ngomong di media tapi tetap Jokowi pakai jadi menteri.

"Jadi kriteria apa yang dia pakai ya tidak ada orang yang tau," jelas dia.[ris]

 
x