Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 18:29 WIB

Kasus Viktor Laiskodat

Elit Politik Harus Hati-hati dalam Berorasi

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Sabtu, 12 Agustus 2017 | 04:02 WIB
Elit Politik Harus Hati-hati dalam Berorasi
Ketua Fraksi Partai NasDem DPR Viktor Bungtilu Laiskodat - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta, Mustolih Siradj meminta pejabat publik harus lebih hati-hati lagi dalam menyampaikan pidatonya jangan sampai membuat gundah para pihak seperti apa yang dilontarkan Ketua Fraksi Partai NasDem DPR Viktor Bungtilu Laiskodat.

"Yang perlu digarisbawahi, kedepan para pejabat dan petinggi negeri ini harus hati-hati dalam berbicara terlebih dihadapan banyak orang. Akan lebih baik bila ujaran-ujaran yang disampaikan kepada masyarakat hal-hal yang positif daripada membuat keruh suasana," katanya kepada INILAHCOM, Jumat (11/8/2017).

Pengurus DPP Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) itu menilai ceramah atau orasi Viktor Laiskodat yang tersebar di media sosial telah membuat gundah para pihak yang merasa disudutkan, sehingga menyebabkan yang bersangkutan banjir laporan dari berbagai unsur masyakarat akibat tidak terima atas pidato tersebut.

"Soal benar atau tidak yang dikatakan oleh Viktor, nanti biar penegak hukum atau kepolisian yang menentukan masuk unsur pidana atau tidak," ujarnya.

Karena menurut dia, laporan-laporan yang datang dari elemen masyarakat menggunakan barang bukti video yang viral sehingga harus ada uji laboratorium apakah itu asli atau sudah diedit.

Yang jelas, kata Mustolih, kepolisian harus bersikap imparsial atau tidak memihak dan adil. Sebab, Viktor adalah pimpinan fraksi partai pendukung pemerintah yaitu NasDem yang diketuai oleh Surya Paloh.

"Polri harus profesional, adil dan imparsial menagggapi laporan masyarakat termasuk kader partai pendukung pemerintah. Karena, ada asas equel before the law (semua orang sama dihadapan hukum)," jelas dia.

Untuk diketahui, beredar di media sosial orasi Ketua Fraksi Partai NasDem Viktor Bungtilu Laiskodat yang mengatakan ada sebagian kelompok yang ingin membuat negara khilafah. Celakanya, partai-partai pendukungnya itu ada di NTT juga.

Yang dukung supaya kelompok ekstrimis ini tumbuh berkembang di NTT partai nomor satu Gerindra, kedua Demrokrat, PKS dan PAN. Situasi nasional partai ini mendukung kaum intoleran.[ris]

Komentar

 
x