Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 16:48 WIB

Jokowi Ajak ASEAN Perkuat Sinergi Perangi Teroris

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 11 Agustus 2017 | 14:41 WIB
Jokowi Ajak ASEAN Perkuat Sinergi Perangi Teroris
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh anggota Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk bersatu dan menjadikan terorisme sebagai musuh bersama.

Jokowi mengungkapkan, serangan terorisme di Marawi, Filipina sebagai peringatan keras akan ancaman kelompok radikal di masing-masing negara ASEAN.

"Ancaman terorisme merupakan ancaman yang nyata. Serangan terorisme di Marawi menjadi wake up call bagi kita yang perlu direspons dengan segera. Untuk itu, kita harus bersatu menggalang kerja sama, memperkuat sinergi untuk memerangi terorisme," ujar Jokowi dalam sambutannya di peringatan Hari ASEAN ke-50 di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

Ia menuturkan, kesigapan Indonesia dalam menghadapi ancaman terorisme
dengan menggagas hubungan trilateral bersama Filipina dan Malaysia.

Ketiga negara, lanjutnya, telah menyepakati kerjasama membahas penguatan dalam pemberantasan terorisme di Manila pada 22 Juni lalu.

"Indonesia juga menggagas pertemuan sub regional bersama dengan Australia, Selandia Baru, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina di Manado tanggal 29 Juni 2017. Tujuannya, untuk memerangi serangan dari kelompok-kelompok radikal. Saya yakin dengan kerja sama yang lebih erat lebih kuat kita bersama-sama akan mampu melawan ancaman terorisme di kawasan ini," bebernya. [ton]

Tags

 
x