Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 14:12 WIB

Jokowi Minta ASEAN Belajar dari Brexit

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 11 Agustus 2017 | 14:11 WIB
Jokowi Minta ASEAN Belajar dari Brexit
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) akan semakin menghadapi berbagai tantangan global dari segi politik dan keamanan di masa yang akan datang.

Untuk itu, ASEAN perlu bersatu agar mampu menjadi kawasan dunia yang mandiri tanpa perlu ketergantungan dengan negara lainnya.

"Hanya dengan bersatu ASEAN akan bisa menentukan masa depannya sendiri tanpa harus didikte oleh kepentingan negara-negara besar," ujar Jokowi dalam sambutannya di Peringatan Hari ASEAN ke-50 di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

Lebih jauh, Jokowi meminta ASEAN belajar dari insiden Britain Exit (Brexit) yang terpecah pasca keluarnya Inggris dari kawasan tersebut.

"Apa yang terjadi dengan Brexit perlu menjadi pembelajaran buat kita. Kita memang harus bekerja keras agar rakyat ASEAN merasakan manfaat dari keberadaan ASEAN. Untuk itu menjadi tugas kita bersama para penerus ASEAN Untuk tetap menjaga agar ASEAN bermanfaat bagi rakyat ASEAN," tuturnya. [ton]

Tags

Komentar

 
x